Asap Rokok dapat Memicu Sakit Kepala

asap rokok, cluster headache, merokok, migrain, rokok, sakit kepala, alergi terhadap asap

Perokok aktif maupun pasif dapat mengalami sakit kepala karena asap rokok. Nikotin, salah satu kandungan dalam tembakau, menstimulasi pembuluh darah di otak untuk menyempit. Asap rokok juga menstimulasi saraf di belakang tenggorokan sehingga menyebabkan sakit kepala.


Dengan menghindari stimulus sakit kepala, yaitu nikotin, biasanya sakit kepala akan mereda. Berhenti merokok atau mengurangi paparan terhadap asap rokok sangat membantu terutama pada mereka yang mengalami cluster headache.

Cluster headache adalah sakit kepala berkelompok yang terjadi dalam rangkaian dan dapat hilang nyerinya untuk berminggu-minggu, bulan, atau tahun. Sakit kepala ini menyerang di daerah mata atau hidung. Cluster headache dalam satu periode biasanya terjadi dalam 15 menit-30 jam, namun umumnya kurang lebih 30-45 menit.

Dalam satu studi yang meneliti orang-orang yang mengalami cluster headache, mereka yang menghisap rokok kurang dari satu setengah pack per hari mengalami penurunan sakit kepala sebesar 50%. Alergi terhadap asap juga dapat menyebabkan migrain pada beberapa orang.

Baca juga: Bagaimana Merokok dapat Mempengaruhi Kesehatan Jantung Anda?

Dengan menghindari situasi atau tempat dimana ada orang merokok, maka anda dapat terhindar dari sakit kepala tersebut. Semoga postingan ini bermanfaat bagi para pembaca. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: