Kandungan dalam Tanaman Obat Mahkota Dewa

mahkota dewa, mahkota dewa dan khasiatnya, mahkota dewa untuk diabetes, khasiat manfaat buah mahkota dewa dan cara pengolahannya, khasiat buah mahkota dewa, manfaat mahkota dewa, manfaat khasiat dan cara pengolahan buah mahkota dewa

Jenis-jenis apotik hidup, alias obat-obatan herbal memang banyak sekali. Salah satunya adalah tanaman obat mahkota dewa. Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, nama tanaman ini sudah tidak asing lagi.

Tidak heran karena tanaman ini memang merupakan tanaman obat asli Indonesia. Tanaman ini mulai populer sejak tahun 2007 ketika mulai diperkenalkan oleh IPB, karena kandungan dalam tanaman obat mahkota dewa memiliki banyak khasiat untuk pengobatan.

Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa banyak kita jumpai di daerah Irin Jaya Papua yaitu daerah paling timur negeri ini. Sejak saat itu pulalah banyak orang mulai tahu bahwa tanaman yang satu ini memiliki manfaat yang banyak sekali. Salah satunya adalah untuk kesehatan.


Maka dari itu tanaman mahkota dewa dinobatkan sebagai salah satu apotik hidup yang banyak dicari masyarakat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Tanaman mahkota dewa ini memiliki banyak sekali jenis kandungan baik di dalamnya yang menyebabkan mahkota dewa bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam jenis penyakit.

Jenis-jenis kandungan baik mahkota dewa antara lain adalah:
  1.  Alkaloid. Merupakan zat aktif yang bisa dimanfaatkan untuk menetralisir dan membunuh racun dalam tubuh kita. 
  2. Saponin. Merupakan zat aktif lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai zat anti bakteri dan juga bisa sebagai anti virus dalam tubuh. Selain itu, zat saponin ini juga bisa sebagai sistem kekebalan tubuh alami, dan mengurangi kadar gula yang berlebih di dalam tubuh kita.
  3. Flavonid. Merupakan kandungan lainnya yang mungkin banyak dicari oleh orang karena bisa sebagai pengurang jumlah pertumbuhan lemak dalam tubuh. Karena zat ini memiliki kemampuan untuk mencegah penyumbatan dan juga melancarkan pembuluh darah.

Baca juga: Beragam Manfaat dan Khasiat Buah Pare

Ketiga jenis zat tersebut merupakan beberapa jenis dari sekian banyak kandungan yang terdapat dalam tanaman mahkota dewa. Untuk pemanfaatannya, tentu saja tanaman obat mahkota dewa ini terlebih dahulu harus diramu. Caranya cukup mudah yaitu dengan merebus buah mahkota dewa dan kemudian sarinya diambil kemudian diminum secara rutin. Jumlah porsinya tergantung pada jenis penyakit yang diderita oleh anda. Peminuman secara rutin lebih dianjurkan.

Demikian sekilas informasi tentang kandungan yang terdapat dalam tanaman mahkota dewa. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi para pembaca. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: