Khasiat Buah Manggis Beserta Kulitnya untuk Kesehatan dan Kecantikan

manggis, daun manggis, kulit manggis, obat diare, catechins, xanthone, antikanker

Memiliki nama latin Garcinia mangostana, buah yang dagingnya berwarna putih dan kulitnya berwarna merah keunguan ini memiliki rasa manis agak kecut yang nikmat. Khasiat buah manggis beserta kulitnya pun ternyata sangat banyak karena buah yang diperkirakan berasal dari Indonesia ini mengandung berbagai senyawa yang positif serta dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Senyawa xanthone yang ada di dalamnya dipercaya memiliki sifat antikanker. Xanthone mampu memperlambat proses pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Tak hanya itu, senyawa ini juga memperlambat tumbuhnya sel-sel penyakit leukimia. Bahkan, xanthone juga bermanfaat untuk melunakkan sel-sel membran dalam tubuh yang membesar dan mengeras seiring usia, sehingga baik untuk menurunkan berat badan.

Senyawa lain dalam buah manggis adalah catechins. Senyawa yang satu ini berguna untuk menangkal radikal bebas serta mendapat cadangan antioksidan alami. Rutin mengonsumsi buah manggis akan berdampak sangat baik terhadap kesehatan. Dengan mengonsumsi buah manggis pula kita akan menjadi sering buang air kecil yang bisa menghindarkan seseorang dari penyakit batu ginjal.

Setidaknya konsumsi manggis 3 ons setiap harinya. Tak hanya buahnya, kulit manggis pun terbukti memiliki segudang khasiat. Kulit manggis dapat digunakan sebagai obat sariawan. Anda hanya perlu merebus kulit manggis yang sudah dipotong-potong lalu menyaringnya untuk kemudian digunakan sebagai obat kumur.

Kegunaan lain dari kulit manggis adalah sebagai obat diare. Rebusan daun manggis beserta kulitnya dapat membantu menurunkan suhu tubuh saat demam serta mengobati diare. Khasiat lain yang tak kalah menakjubkan adalah untuk kecantikan dalam meremajakan kulit wajah. Hal ini terkait dengan kandungan antioksidan di dalamnya yang mampu meregenerasi sel kulit mati dan juga mencegah penuaan dini.

Baca juga: Khasiat Bawang Putih untuk Obat Herbal Alami

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa pada konsumsi pertama kali untuk mendapatkan khasiat buah manggis, biasanya akan terjadi alergi ringan seperti gatal-gatal, pembengkakan serta kulit kemerahan pada bagian tertentu. Anda tak perlu panik karena ini adalah reaksi alami. Akan tetapi jika alergi ringan terus berlanjut, ada baiknya bila pemakaian dihentikan dan mulai berkonsultasi pada dokter.

Sekian informasi kesehatan tentang khasiat buah manggis dan kulitnya, semoga memberikan manfaat bagi bagi anda dan keluarga. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: