7 Manfaat dan Khasiat Buah Mentimun untuk Kesehatan maupun Kecantikan

mentimun, manfaat buah mentimun untuk rambut, mengontrol kadar gula, menurunkan tekanan darah, manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan, manfaat mentimun untuk wajah berjerawat, mengobati jerawat

Mentimun atau timun merupakan tanaman jenis labu-labuan, tanaman buah mentimun hanya bisa hidup sekali. Tanaman ini akan mati setelah buah dalam tuaian, sehingga para petani harus menanam lagi dari awal. Mentimun memiliki aroma sangat menyegarkan, maka tidak heran jika buah ini banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman es buah atau campuran sop buah.


Selain rasanya yang dapat menyegarkan, mentimun juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan kecantikan juga. Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat mentimun untuk kesehatan, antara lain:
  1. Memakan mentimun sangat bermanfaat untuk mencegah peradangan, dengan cara konsumsi langsung atau dijadikan campuran sirup atau dibuat menjadi jus bersama dengan buah-buahan lainnya.
  2. Bagi anda yang mengalami masalah dengan pencernaan atau sembelit, mengkonsumsi mentimun bisa membantu melancarkan sistem pencernaan anda. Hal ini karena, buah dari mentimun memiliki serat alami yang sangat bergizi dan dapat memberikan efek pendinginan yang dapat mengurangi rasa sakit perut maupun rasa mulas.
  3. Memakan buah mentimun secara rutin terbukti sangat efektif dalam membantu proses penyembuhan bagi mereka yang menderita penyakit paru-paru, cacing usus dan arthritis.
  4. Mentimun memiliki kandungan air mencapai 95%, sehingga sangat ampuh dalam mencegah tubuh dari dehidrasi serta membantu membuang racun dalam tubuh. Di samping itu, kandungan vitamin C mampu menangkis serangan virus maupun bakteri penyebab penyakit, serta meningkatkan imunitas tubuh.
  5. Juice mentimun dapat memenuhi hormon yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin dalam tubuh apabila di konsumsi secara rutin. Hormon ini mampu mengontrol kadar gula dalam darah untuk orang yang menderita diabetes. Selain itu, senyawa sterol dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  6. Bagi anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi (hipertensi), dan minum jus dari mentimun adalah solusi yang tepat untuk membantu menurunkan tekanan darah, karena mentimun mengandung kalium, magnesium dan serat alami.
  7. Timun juga terbukti mempunyai manfaat untuk kecantikan kulit, kulit berminyak,  mengobati jerawat, dan membuat rambut lebih sehat. Hal ini karena, mentimun ini kaya akan nutrisi dan mineral yang sangat diperlukan oleh kulit dan rambut.

Baca juga:  Manfaat dan Kegunaan Buah Pepaya Mentah sebagai Tanaman Obat Herbal

Demikianlah beberapa informasi tentang manfaat tanaman mentimun sebagai referensi tanaman herbal bagi keluarga anda, semoga bermanfaat. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: