Beragam Manfaat dan Khasiat Buah Pare

pare, masker wajah, buah pare, manfaat sayur pare untuk diabetes, manfaat jus pare untuk kecantikan, manfaat pare untuk kecantikan, manfaat pare untuk ibu menyusui

Buah pare memiliki nama latin Momordica charantina dan umumnya tidak terlalu disukai karena rasanya yang pahit. Rasa pahit ini juga yang kadang membuat orang sungkan untuk mengonsumsinya, padahal ada sangat banyak manfaat dan khasiat buah pare yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Untuk mengatasi rasa pahit dari buah ini, cara memasaknya adalah dengan menaburi garam kemudian meremas-remasnya sebentar hingga layu dan berair. Setelah itu pare didiamkan selama 20 menit kemudian barulah pare dicuci bersih dengan air.


Pare umumnya berwarna hijau muda sampai dengan hijau tua. Perbedaan warna ini tergantung dari di mana ia tumbuh. Buah yang sudah tua akan berwarna agak kekuningan dengan bentuk yang mirip dengan ketimun, hanya saja permukaannya keriting.

Rasanya memang pahit, namun pare memiliki kandungan vitamin K, likopen, vitamin B1 hingga fitokimia serta antioksidan. Pare juga terkenal sebagai buah yang dapat meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui, mengeluarkan racun serta menambah nafsu makan.

Manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan sungguh banyak. Di antaranya, pare memiliki efek menurunkan panas, memperkuat limpa, hati dan ginjal, serta sebagai pengobatan penyakit demam, disentri dan heat stroke. Pare juga berguna untuk mengobati radang selaput mata serta susah buang air kecil.

Minum jus pare dengan campuran jus melon merupakan salah satu cara mengonsumsi pare supaya terhindar dari rasa pahit. Memasak pare menjadi lalapan dengan cara mengukusnya terlebih dahulu juga bisa dilakukan. Jika hendak menumis pare, perhatikan untuk tidak terlalu matang ketika memasaknya supaya kandungan di dalamnya tidak hilang.

Fungsi lain dari pare adalah untuk menurunkan berat badan karena ia memiliki kandungan serat yang cukup banyak, berguna dalam melancarkan pencernaan serta meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam bidang kecantikan, pare terbukti mampu mengurangi jerawat di wajah. Ambil buah pare yang masih segar, belah lalu buang bijinya, potong-potong lalu blender hingga halus. Airnya diperas untuk diminum sementara ampasnya digunakan sebagai masker wajah.

Baca juga: Kegunaan dan Manfaat Daun Cincau untuk Kesehatan Tubuh

Beragam manfaat dan khasiat buah pare di atas tentu membuat anda tak lagi berpikir ulang untuk mengonsumsi pare, bukan? Saya akhiri pembahasan tentang manfaat dan khasiat pare bagi kesehatan sampai di sini. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: