Manfaat Daun Asam Jawa sebagai Obat Berbagai Macam Penyakit

daun asam jawa, asam jawa, obat asma, obat rematik, obat batuk kering, khasiat asam jawa, manfaat buah asam jawa

Tanaman asam jawa dikenal dengan nama latin Tamarindusindica l dan bisa dengan mudah ditemukan di wilayah Indonesia. Tanaman ini biasa digunakan sebagai pembatas jalan raya karena memang daun-daunnya yang rindang dan batang pohonnya yang kokoh.

Namun di balik rimbunnya dedaunan asam jawa, terkandung sejuta manfaat daun asam jawa sebagai obat berbagai macam penyakit yang bahkan belum banyak diketahui orang.

Asam jawa sendiri awalnya dikenal sebagai obat penurun kolesterol karena kandungan flavonoid, saponin dan tanin yang cukup banyak. Flavonoid dan tanin ini dapat meluruhkan lemak dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Efeknya adalah proses pembakaran lemak menjadi semakin maksimal, sehingga air rebusannya seringkali dijadikan sebagai obat penurun berat badan (diet).


Beberapa manfaat asam jawa yang lain adalah sebagai berikut:
  1. Untuk obat asma, siapkan 2 tangkai daun asam jawa. Kemudian rebus sampai mendidih dengan 1 liter air dan tambahan adas pulawaras. Saring airnya dan minum secara rutin. Rebusan ini juga berguna sebagai obat penurun demam.
  2. Sebagai obat rematik, siapkan segenggam daun asam jawa dan 2-3 biji asam jawanya. Tumbuk hingga halus dan kompreskan di bagian yang terasa sakit karena rematik.
  3. Daun asam jawa juga berguna untuk mengobati batuk kering. Caranya, siapkan beberapa helai daum asam jawa beserta ½ genggam daun saga. Rebus keduanya dengan 4 gelas air, saring dan minum secara rutin.

Baca juga: Manfaat Daun Jarak, Getah Jarak dan Akar Jarak

Banyaknya manfaat di atas belum termasuk kegunaan dari buahnya sendiri yang juga berfungsi untuk mengobati berbagai penyakit seperti sariawan, luka bekas gigitan serangga hingga eksim. Di dapur, biji asam jawa lazim dipakai sebagai salah satu bumbu masak, terutama untuk membuat sayur asam.

Daging buahnya berwarna putih dan akan berubah menjadi kecokelatan ketika sudah dimasak. Supaya tahan lama, daging buah biasanya akan diolah lagi sampai warnanya berubah kehitaman. Asam jawa sering pula disebut sebagai asam kawak.

Tentu tak ada salahnya jika anda mulai menggunakan asam jawa baik daging buah maupun daunnya sebagai obat-obatan herbal di rumah, mengingat banyaknya manfaat daun asam jawa yang bisa anda peroleh. Semoga postingan ini memberikan manfaat bagi anda dan keluarga. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: