Manfaat Daun Jarak, Getah Jarak dan Akar Jarak

buah jarak, biji jarak, daun jarak, akar jarak, getah jarak, manfaat daun jarak untuk obat sariawan, sariawan

Pohon jarak terbukti mengandung berbagai senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengobati penyakit. Sebagai contoh, dalam daun jarak saja terkandung senyawa sitosterol, stigmasterol, amirin dan kaemfesterol.

Hal ini menyebabkan manfaat daun jarak, getah jarak dan akar jarak sangat banyak jumlahnya dalam mengobati berbagai penyakit karena memiliki kandungan senyawa flavonoid, saponin, B-glukanase, curcin dan toksalbumin yang bermanfaat sebagai zat anti kanker.


Beberapa manfaat dari daun, getah dan biji jarak antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Pada bayi yang mengalami perut kembung atau masuk angin, ambil beberapa lembar daun jarak kemudian disiangi supaya agak layu. Oleskan dengan minyak kelapa, minyak kayu putih atau minyak telon kemudian tempelkan ke bagian bawah perut dan pinggang. Setelah dibiarkan beberapa jam, biasanya akan terjadi proses pembuangan zat dan gas yang tidak berguna dalam perut.
  2. Getah jarak bisa berfungsi untuk mengurangi keputihan pada lidah bayi dan sariawan pada orang dewasa. Daun jarak yang baru dipetik akan mengeluarkan getah. Oleskan getah tersebut pada lidah bayi yang mengalami keputihan atau pada bibir yang mengalami sariawan.
  3. Selain sebagai obat sariawan, getah jarak yang mengandung antimikroba juga berkhasiat untuk mengobati radang telinga dan bahkan sebagai obat sakit gigi atau gigi berlubang. Pada penderita radang telinga, ambil sesendok getah jarak pagar lalu teteskan di telinga yang sakit sebanyak kurang lebih 6 tetes. Sementara untuk penderita sakit gigi, teteskan terlebih dahulu getah jarak pagar pada sebuah kapas kemudian tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sakit akibat berlubang.
  4. Akar jarak pun berfungsi sebagai pengencer dahak. Ambil akar jarak secukupnya lalu rebus hingga mendidih dan diminum pada pagi dan sore hari.

Baca juga: 7 Manfaat Labu Merah untuk Kesehatan

Banyaknya manfaat daun jarak, getah dan juga akar jarak di atas akan semakin membuat kita sadar untuk lebih merawat lingkungan serta mulai menanam pohon jarak juga di sekitar rumah. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memahami tanaman herbal yang ada di sekeliling kita. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: