Manfaat dan Kegunaan Buah Pepaya Mentah sebagai Tanaman Obat Herbal

pepaya mentah, manfaat buah pepaya untuk ibu menyusui, manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan, khasiat pepaya muda bagi kesehatan, pepaya, buah pepaya mentah, Carica pepaya l

Tanaman herbal pepaya dengan nama latin Carica pepaya l. adalah tanaman buah yang berasal dari Meksiko Selatan dan bagian Utara Amerika Selatan, dan kini tersebar luas dan banyak ditanam di daerah tropis.

Rasa buah pepaya mentah ini tidak manis seperti pepaya masak. Masyarakat Indonesia biasanya membuat olahan daging pepaya mentah sebagai sayur, atau dikonsumsi sebagai asinan dan rujak ketika setengah matang.

Manfaat dan kegunaan buah pepaya mentah sebagai tanaman obat herbal sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia khususnya baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Pepaya mentah mengandung vitamin A, B, C dan e, enzim, fitonutrien, kalium, magnesium di dalamnya. Juga zat papain dan chymopapain yang baik untuk perut.


Ingin tahu apa saja manfaat pepaya mentah untuk kesehatan?
  • Untuk pencernaan. Enzim dalam pepaya membantu pencernaan dan mencegah gas.
  • Untuk kekebalan tubuh. Karena terdapat berbagai vitamin pada pepaya mentah, maka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mencegah infeksi dan batuk.
  • Untuk mencegah sembelit. Tidak hanya pepaya masak dapat mengobati sembelit, namun pepaya mentah juga dapat karena mengandung zat papain di dalamnya.
  • Untuk membersihkan usus besar. Jus pepaya muda juga mampu membersihkan usus besar anda.
  • Untuk meningkatkan produksi ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Anda merasa gelisah karena produksi ASI berkurang, maka konsumsi pepaya muda.
  • Untuk mengatasi infeksi pada saluran kemih. Minum jus pepaya muda dapat membantu mengatasi infeksi saluran kemih. Bakteri penyebab timbulnya infeksi pada saluran kemih dapat diatasi dengan pepaya muda.

Enzim Papain dalam buah pepaya muda dua kali lipat lebih dari pepaya masak. Enzim-enzim ini tidak hanya berfungsi untuk menganalisis protein dalam tubuh, namun juga mendorong metabolisme tubuh dengan sempurna dan akan dengan cepat menghilangkan kelebihan lemak.

Tapi ingat, pepaya muda tidak dianjurkan untuk konsumsi untuk ibu hamil, terutama di saat awal kehamilan, senyawa yang di dalamnya memiliki efek melemahkan membran penting yang mempengaruhi kelangsungan hidup janin. Pepsins yang terkandung dalam getah pepaya muda bisa menimbulkan kontraksi rahim sampai terjadi keguguran.

Cara mengolah tanaman buah pepaya muda sebagai obat herbal:
1. Mengatasi darah haid yang berlebihan
Rebus sebanyak 200 gram pepaya dan rimpang teratai 100 gram. rebus pada air mendidih 500 cc, terus didihkan hingga air tertinggal setengahnya. Angkat dan dinginkan. Berikutnya minum air rebusan tadi. Jangan buang ampasnya, karena ampasnya juga harus dikonsumsi.
2. Untuk mengatasi kapalan, panu dll.
Ambil pepaya yang masih muda. Belah untuk diambil getahnya, kemudian oleskan getahnya pada bagian yang anda inginkan untuk obati menggunakan cotton bud. Lakukan secara rutin setiap hari sehingga hasilnya sangat maksimal. Selain itu, pepaya muda dapat juga diblender dan disaring airnya. Oleskan pada bagian kulit yang bermasalah secara teratur.
3. Untuk melancarkan ASI
Ambil pepaya yang masih hijau. Jangan membuang kulitnya. Potong menjadi dua bagian. Bagian pertama direbus dengan air dan bagian kedua dengan cuka. Air rebusan dicampur dan diminum sebanyak 2-3 sendok teh per hari.
4. Untuk mengobati penyakit maag
Siapkan pepaya muda dengan ukuran sedang. Kemudian dibuat lubang pada bagian tengahnya dan masukkan gula batu secukupnya. Tutup kembali lubang yang dibuat tadi, selanjutnya dikukus sampai matang. Angkat dan dinginkan, Potong menjadi 3 bagian dan konsumsi di pagi, siang dan malam.

Baca juga: Benarkah Merokok Menyebabkan Osteoporosis?
 
Nah, ketika anda secara tidak sengaja adalah membeli buah pepaya muda, anda bisa mengolahnya menjadi sayur atau obat herbal yang bermanfaat bagi kesehatan anda, dan rasakan manfaat dari buah pepaya mentah sebagai obat herbal.

Semoga postingan ini memberi manfaat bagi anda. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: