Manfaat Tanaman Jeruk Nipis sebagai Obat Herbal

Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal. Bahasan artikel kali ini adalah mengenai tanaman jeruk nipis sebagai obat herbal serta manfaatnya bagi kesehatan. Selain menjadi minuman yang menyegarkan, buah yang telah dikonsumsi ribuan tahun yang lalu juga dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit. Jenis jeruk memang begitu banyak, antara lain, jeruk manis, jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk mandarin, dan banyak lagi.
Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia), jeruk nipis, manfaat jeruk nipis untuk obat batuk, manfaat jeruk nipis untuk kecantikan, manfaat jeruk nipis untuk rambut rontok, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan, manfaat jeruk nipis untuk diet sehat alami

Namun, dalam hal manfaat tidak ada satu pun yang cocok dengan jeruk nipis. Tingginya bisa mencapai enam meter. Daun berbentuk oval, bunga-bunga yang berwarna putih berbentuk bintang. Batang kayu keras dan biasanya berbuah setelah 2,5 tahun. Buah bulat licin, berkulit tipis, dan hijau kekuning-kuningan kalau sudah tua. Tanaman ini berasal dari wilayah India Utara. Buah jeruk nipis mengandung banyak air dan vitamin C. Daun, buah, dan bunga mengandung minyak limonin dan linalool.


Biasanya jeruk nipis tumbuh baik di dataran rendah daerah yang luas terpapar matahari. Masyarakat di Belanda terutama yang tinggal di kota besar seperti Amsterdam, Den Haag dan Rotterdam, sudah mengenal manfaat jeruk nipis sejak beberapa abad yang lalu. Demikian pula, masyarakat di Amerika Serikat. Mereka mulai menyadari manfaat jeruk nipis sejak zaman India kuno.

Pusat Bioteknologi di kota Columbus, Ohio State, Amerika Serikat, sudah melakukan penelitian pada jeruk nipis. Sebagai hasilnya, air jeruk nipis ini kaya vitamin dan mineral yang dikandungnya. Selain buah, akar, daun, dan bunga jeruk nipis sering digunakan sebagai obat.

Menurut Dr Prapti Utami, buah jeruk nipis mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain, glukosa, lemak, minyak esensial, vitamin C, kalsium, fosfor, sulfur, dan asam amino. Kandungan yang banyak terdapat pada jeruk nipis membuat buah ini secara luas digunakan sebagai obat. Minyak atsiri pada daun jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan staphylococcus aureus (kuman pada kulit). Jus jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai obat kumur bagi penderita sakit tenggorokan.

Bau harumnya membuat segar ketika kita berkumur dengan jeruk nipis. Pada kulitnya, terdapat aroma atau mengurangi bau mulut dan mengatasi peradangan, karena asam mengandung zat mematikan kuman. Karena terdapat berbagai kandungan minyak dan zat di dalamnya, jeruk nipis juga digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti; disentri, sembelit, haid tidak teratur, ambeien, jerawat, vertigo, suara serak, batuk, bau badan, meningkatkan nafsu makan, mencegah rambut rontok dan kecantikan, ketombe, peradangan hidung, mimisan, flu, obesitas, demam, amandel, anyang-anyangan (kencing menyakitkan).

Baca juga: Manfaat dan Khasiat Teh Daun Jeruk Nipis bagi Kesehatan dan Pengobatan
 
Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mencoba? Demikian pembahasan tentang manfaat tanaman jeruk nipis sebagai obat herbal. Semoga bisa menambah referensi obat herbal bagi keluarga anda. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: