Manfaat Buah Tomat untuk Kecantikan Kulit dan Kesehatan

buah tomat, jus buah tomat, kecantikan kulit, mengatasi kulit terbakar, kandungan buah tomat, manfaat buah tomat untuk kesehatan, menghilangkan jerawat

Buah tomat selama ini dikenal sebagai buah yang biasa dipakai dalam hampir setiap masakan. Memiliki nama latin Gycopersicum esculentum Mill, ternyata tak hanya sedap sebagai salah satu pelengkap masakan namun juga mengandung sejuta kelebihan.

Manfaat buah tomat untuk kecantikan kulit dan kesehatan, tak lepas dari banyaknya kandungan zat-zat positif dalam buah tomat. Sebut saja mulai dari saponin, asam folat, protein, adenin, mineral, hingga vitamin B1, B2, B6, C dan E. Buah tomat juga baik bagi ibu hamil.


Fungsinya dalam hal kecantikan kulit antara lain adalah untuk menghilangkan jerawat dan mengatasi kulit yang terbakar. Untuk menghilangkan jerawat, campurkan 100 ml jus tomat dengan 25 ml alkohol 70% lalu gunakan untuk mencuci wajah yang berjerawat. Daun buah tomat yang dicuci bersih dan digiling sampai halus juga bisa untuk mengatasi kulit yang terbakar. Cukup balurkan saja ramuan tersebut pada kulit yang terbakar.

Sementara manfaat buah tomat dalam hal kesehatan antara lain adalah sebagai berikut: 
  1. Penderita hipertensi dianjurkan untuk memakan buah tomat segar sebanyak satu hingga dua buah di pagi hari ketika perut masih dalam keadaan kosong.
  2. Mengatasi radang usus buntu dan sakit kuning pun bisa dengan menggunakan tomat. Minum jus tomat secara teratur sehari tiga kali, masing-masing satu cangkir.
  3. Pada penderita demam, cuci bersih 3 buah tomat kemudian potong-potong dan lumatkan dalam setengah cangkir air matang plus satu sendok makan madu murni. Saring airnya sebelum diminum.
  4. Ulkus lambung dapat diobati dengan tomat juga. Caranya, iris tomat matang dan jeruk yang diasamkan terlebih dahulu masing-masing sebanyak satu buah. Tambahkan dengan satu sendok makan madu, aduk rata dan makan sedikit demi sedikit kira-kira 3-4 kali sehari selama seminggu.
  5. Untuk membantu meningkatkan nafsu makan, minum jus tomat satu jam sebelum makan.
 
Tomat tidak hanya menyedapkan masakan, namun juga membantu tubuh menjadi semakin sehat dan kulit kian cantik. Setelah membaca beberapa manfaat buah tomat di atas, mulailah untuk membeli beberapa buah tomat dan mengolahnya sesuai instruksi yang diberikan.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi pembaca. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: