Kegunaan dan Manfaat Daun Cincau untuk Kesehatan Tubuh

daun cincau, daun cincau hijau, manfaat daun cincau hijau, obat penyakit demam, obat radang lambung, obat sakit tipes, kandungan daun cincau

Kegunaan dan manfaat daun cincau untuk kesehatan tubuh memang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat luas. Dari dulu hingga kini tanaman cincau masih banyak dimanfaatkan oleh masyarakat tidak hanya dijadikan sebagai tanaman obat, melainkan juga sebagai bahan baku makanan yang enak dan segar.

Biasanya daun cincau ini banyak dimanfaatkan untuk dibuat sebagai agar yang dijadikan sebagai campuran berbagai minuman es. Olahan daun cincau sebagai agar ini dapat dikombinasikan ke berbagai jenis kreasi minuman seperti es campur, es cincau, dan masih banyak lagi. Namun dibalik rasanya yang segar, banyak juga manfaat yang ditawarkan oleh daun cincau ini. antara lain seperti manfaat untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit.


Yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai obat dan ramuan adalah kandungan clorophyl dari daun cincau itu sendiri. Kandungan clorophyl dari daun cincau ini memiliki manfaat sebagai anti bakteri sehingga mampu mengobati berbagai macam penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri maupun kuman. 

Macam-macam penyakit yang bisa disembuhkan dengan daun cincau ini antara lain:
  1. Obat penyakit demam. Daun cincau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta saponin yang bisa berperan penting untuk meredakan demam pada tubuh. Cara penyajiannya adalah dengan merebus daun cincau yang kemudian air saringannya diminum. Dianjurkan untuk mengonsumsi sehari dua kali.
  2. Obat radang lambung. Selain untuk mengobati demam, kandungan daun cincau juga mampu untuk mengobati penyakit radang lambung. Karena daun cincau memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan juga antioksidan yang mampu membantu kinerja klorofil dalam daun untuk mengatasi berbagai kelainan dalam asam lambung. Dengan demikian penyakit radang lambung bisa teratasi.
  3. Obat sakit tipes. Untuk sakit tipes, dianjurkan meminum rebusan duan cincau 3 kali sehari.

Tiga jenis penyakit tersebut baru beberapa dari berbagai macam kegunaan dan manfaat daun cincau untuk kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu meminum air rebusannya juga bisa dilakukan untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Sehingga tubuh lebih kebal dan terhindar dari ancaman berbagai macam penyakit.

Itulah beberapa kegunaan dan manfaat daun cincau bagi kesehatan. Semoga postingan ini memberikan manfaat bagi anda dan keluarga. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: