Cara, Manfaat dan Khasiat Daun Jambu Biji bagi Kesehatan

teh daun jambu biji, daun jambu biji, kesehatan mulut, sakit gigi, daun jambu biji untuk diare pada bayi, manfaat daun jambu biji bagi kesehatan, manfaat dan khasiat daun jambu biji

Pada artikel kali ini, kita akan mengulas tentang daun jambu biji. Tentunya tanaman yang satu ini tidaklah asing bagi anda. Tanaman ini sudah terkenal sejak dulu digunakan sebagai obat herbal untuk beberapa jenis penyakit. Berikut beberapa cara, manfaat dan khasiat dari daun jambu biji untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan mulut
Daun jambu biji ternyata mampu melawan kuman penyebab bau mulut yang biasanya menjadi salah satu penyebab utama bagi kesehatan mulut. Terdapat beberapa kandungan yg ditemukan pada daun jambu biji yaitu sebagai anti sakit gigi (anti plak), anti radang (anti inflamasi), penghilang nyeri (analgetik) dan pembasmi mikroba (antimikroba).

Kandungan yang terdapat pada daun jambu biji tersebut mampu menyembuhkan sakit gigi, gusi bengkak atau peradangan pada gusi, dan bisul mulut. Cara penggunaan daun jambu biji untuk menjaga kesehatan mulut adalah dengan mengunyah daun jambu biji sampai lembut setiap hari. Anda juga dapat membuat obat kumur buatan sendiri dengan merebus 5-6 daun jambu biji yang muda di dalam air. Biarkan larutan dingin ke suhu hangat dan tambahkan garam, lalu dikumur secara menyeluruh di sekitar mulut dan gigi sekali atau dua kali sehari.

2. Menjaga kesehatan jantung
Kolestrol yang menumpuk menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga jumlah darah yang sampai ke jaringan tubuh dan jantung berkurang, oleh karena itu minum teh daun jambu biji yang disiapkan dengan seduhan daun kering dalam air panas membantu menurunkan kolesterol. Hal ini sangat membantu menjaga jantung dan sistem pembuluh darah yang sehat.

3. Menyembuhkan diare
Teh daun jambu biji dapat membantu menghambat bakteri penyebab diare pada bayi, anak-anak maupun orang dewasa. Menurut sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Revista Instituto de Medicina Tropical de São Paulo, ekstrak daun jambu biji menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus, penyebab umum dari diare. Ketika menderita diare, minum teh daun jambu biji beberapa kali sehari.

Teh ini akan menyebabkan tinja lebih sedikit, mengurangi sakit perut, mengurangi tinja berair dan mempromosikan pemulihan cepat. Buah jambu biji juga baik untuk saluran pencernaan. Antibakteri membantu membersihkan saluran pencernaan, mengecilkan pertumbuhan bakteri dan mikroba dan kandungan serat yang menjadikan pencernaan dan ekskresi yang tepat. Untuk mencegah masalah perut yang terkait, mengunyah daun jambu biji setiap hari.

4. Kontrol diabetes
Mereka yang beresiko diabetes berkembang dapat membantu mencegahnya dengan minum teh daun jambu biji. Cara untuk membuat teh daun jambu biji adalah dengan mengeringkan daun jambu biji lembut dan menghancurkan mereka menjadi bubuk.Tambahkan 1 sendok makan daun jambu biji dihancurkan untuk secangkir air panas. Tutup dan biarkan mendidih selama 5 menit, kemudian disaring. Minum teh ini sekali sehari.

5. Meningkatkan kekebalan anda
Minum secangkir teh yang terbuat dari daun jambu biji setiap hari meningkatkan kekebalan pada tubuh, karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kekebalan anda adalah mekanisme pertahanan tubuh anda yang melindungi dari berbagai penyakit dan infeksi. Teh daun jambu biji juga dapat mengembangkan resistensi terhadap penyakit umum seperti batuk, pilek dan flu. Anda juga dapat menikmati jambu di smoothie atau salad, atau minum secangkir teh yang terbuat dari daun jambu biji setiap hari.

6. Kulit sehat
Daun jambu biji, membantu memperbaiki tekstur kulit wajah, melindunginya dari efek sinar ultraviolet matahari yang merusak dan mencegah masalah seperti jerawat. Anda juga dapat bilas kulit anda dengan rebusan terbuat daun jambu biji.

Baca juga: Manfaat dan Khasiat Kayu Manis bagi Kesehatan Tubuh Manusia
 
Demikianlah beberapa cara, manfaat dan khasiat daun jambu biji untuk kesehatan. Semoga bermanfaat bagi keluarga anda. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: