14 Manfaat dari Daun Kemangi bagi Kesehatan

daun kemangi, teh daun kemangi, kemangi, manfaat kemangi untuk ibu hamil, manfaat dan khasiat daun kemangi sebagai obat herbal, manfaat daun kemangi untuk kesehatan pria dan wanita, kandungan manfaat daun kemangi bagi kesehatan

Daun kemangi dianggap sebagai obat herbal untuk penyakit umum dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tanaman ini bahkan disebutkan dalam "Charaka Samhita", sebuah teks kuno Ayurvedic karena sifat penyembuhan yang sangat baik. Bahkan, daun kemangi dianggap sebagai obat untuk berbagai penyakit dan meningkatkan umur panjang dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Berikut merupakan 14 manfaat dari daun kemangi bagi kesehatan:

1. Sebagai antiseptik
Daun kemangi memiliki sifat antiseptik dan karenanya, digunakan dalam pengobatan bisul, dan luka. Mereka membantu dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh campak, cacar air dan cacar. Campuran jus daun kemangi dan minyak kelapa dapat memberikan penyembuhan  luka.

2. Pengobatan demam
Daun kemangi kaya akan fitonutrien. Fitonutrien adalah nutrisi nabati yang diyakini memiliki efek mendukung kesehatan. Daun kemangi efektif dalam menyembuhkan demam malaria dan demam berdarah. Caranya daun kemangi direbus dengan teh harus diberikan kepada pasien.

Dalam kasus demam yang sangat tinggi, daun kemangi direbus dengan bubuk kapulaga, tambahkan ½ liter air dicampur dengan gula dan susu harus diberikan kepada pasien pada interval 3 jam untuk menurunkan suhu. Daun kemangi membentuk kuman yang baik dan desinfektan alami yang melindungi tubuh terhadap semua jenis infeksi virus dan bakteri.

3. Pengobatan flu dan batuk
Daun kemangi efektif dalam mengurangi flu dan batuk. Mengunyah daun segar atau minum teh dari daun kemangi kering dapat menenangkan batuk dan meredakan flu. Daun kemangi digunakan sebagai bahan dalam obat batuk dan ekspektoran dan membantu memobilisasi lendir di bronkitis dan asma.

4. Pengobatan radang tenggorokan
Daun kemangi dibuat dengan cara merebus dalam air dapat diambil sebagai minuman atau digunakan untuk berkumur fungsinya untuk meredakan sakit tenggorokan.

5. Menyembuhkan sengatan dan gigitan
Mengunyah daun kemangi atau menggunakan jus dari daun kemangi di daerah disengat atau digigit serangga akan membantu mengurangi rasa sakit serta menarik racun keluar.

6. Mengurangi muntah
Jika anda menderita sering muntah, anda dapat mencoba dengan mencampurkan daun kemangi, jahe, dan madu lalu di jus.

7. Mengurangi penyakit kanker
Mencampurkan 10 gram jus daun kemangi dengan 20-30 gram susu sapi (kental) segar atau 2-3 sendok madu, cenderung mengurangi kanker.

8. Mengurangi berat badan dan kemalasan
Daun kemangi yang segar dicampurkan dengan susu sapi (kental)  dapat membantu  mengurangi kelebihan berat badan dan melawan kemalasan dengan memperbaharui tingkat energi anda dan memfasilitasi pembentukan sel-sel darah baru.

9. Bermanfaat untuk mata
Daun kemangi kaya akan vitamin A, dan mempunyai  peranan penting dalam kesehatan mata. Anda dapat merendam beberapa daun kemangi dalam air dan mencuci mata anda setiap pagi dan sebelum tidur untuk mencegah konjungtivitis, pembengkakan, peradangan, bisul dan infeksi lainnya.

Daun kemangi berperan sebagai relaksan untuk mata seperti stres dan garis-garis halus. Mengunyah beberapa daun kemangi membantu untuk mengatasi masalah mata yang disebabkan oleh radikal bebas seperti visi degenerasi, katarak dan glaukoma. Jus daun kemangi merupakan obat yang efektif untuk sakit mata dan kebutaan malam.

10. Mengatasi bau mulut
Bau mulut dapat mengurangi rasa percaya diri anda. Daun kemangi dapat menjadi pengganti untuk pasta gigi dan permen karet untuk mengurangi bau mulut. Anda bisa mengunyah segenggam daun kemangi untuk mencegah bau mulut.

11. Baik untuk jantung
Daun kemangi memurnikan darah dengan membuang racun. Daun teh kemangi membantu dalam mengontrol tekanan darah. Daun kemangi mengandung eugenol antioksidan yang membantu dalam mengurangi kadar kolesterol dan kadar glukosa darah, sehingga mengurangi resiko serangan jantung dan penyakit jantung lainnya.

12. Mencegah jerawat
Daun kemangi mencegah timbulnya jerawat karena dapat menetralkan darah anda dengan membuang racun. Daun kemangi mengandung anti-bakteri, anti-jamur.

13. Mencegah rambut rontok
Rambut rontok adalah masalah umum yang sering terjadi karena gatal dan kerusakan pada kulit kepala. Anda dapat membuat pasta dari daun kemangi dan menambahkannya ke minyak rambut anda. Gunakan minyak ini pada kulit kepala anda sehingga menjaga kulit kepala menjadi dingin, mengurangi rasa gatal dan merangsang pertumbuhan pada rambut dengan meningkatkan sirkulasi di kulit kepala anda.

14. Bermanfaat mencegah rambut yang beruban
Rendamlah daun kemangi yang kering, tumbuk dengan bubuk amla dalam air semalaman, dan cucilah rambut anda dengan ramuan ini pada keesokan hari.

Baca juga: Apakah Pembersih Udara dapat Menghilangkan Asap Rokok?

Demikianlah pembahasan artikel 14 manfaat dari daun kemangi kali ini, semoga bermanfaat bagi kesehatan keluarga anda. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: