7 Manfaat Labu Merah untuk Kesehatan

labu merah, labu, kandungan labu merah, biji labu, khasiat labu merah untuk kesehatan, kanker kulit, manfaat labu merah

Selama ini kita mungkin mengenal labu merah sebagai salah satu hasil panen yang lezat jika diolah menjadi masakan tertentu. Walaupun sebenarnya jenis labu yang lain seperti labu siam dan labu kuning juga tidak kalah enaknya bila dijadikan masakan tertentu.

Namun tahukah anda bahwa terdapat banyak manfaat labu merah untuk kesehatan tubuh? Kandungan zat yang terdapat dalam buah ini menjadikannya layak dijadikan sebagai salah satu tanaman yang anda budidayakan. Setidaknya terdapat tujuh manfaat labu jenis ini untuk kesehatan.


Berikut adalah 7 manfaat dari labu merah untuk kesehatan:
  • Pertama, labu merah memiliki banyak kandungan vitamin A yang cukup, sehingga konsumsi labu merah yang cukup akan meningkatkan kemampuan indera penglihatan dalam melihat terutama di dalam cahaya redup.
  • Kedua, labu mengandung jumlah serat yang cukup tinggi sehingga tak hanya baik untuk pencernaan tapi juga bagus sebagai salah satu makanan diet. Labu juga rendah kalori, sehingga bisa membuat anda kenyang lebih lama.
  • Ketiga, biji labu mengandung asam amino yang biasa disebut dengan tryptophan. Fungsinya adalah untuk memperbaiki kualitas tidur, terutama jika anda termasuk penderita insomnia yang susah tidur di malam hari.
  • Keempat, biji labu juga memiliki kandungan magnesium yang penting untuk tubuh. Salah satu fungsi magnesium adalah sebagai pembentukan tulang dan gigi serta agar jantung dapat memompa darah dengan lebih baik.
  • Kelima, masih dari biji labu, bagian yang satu ini juga dipercaya mampu meningkatkan insulin dan menjaga kadar gula sehat sehingga dapat berguna sebagai anti diabetes.
  • Keenam, labu merah mengandung karotenoid yang dapat membantu mencegah kanker kulit. Karotenoid juga menjaga kulit supaya bebas dari keriput. Konsumsi labu merah secara teratur akan membantu kulit tampak lebih cantik dan melindungi dari kerusakan akibat sinar UV.
  • Ketujuh, labu juga kaya akan zat besi. Zat besi memiliki fungsi utama sebagai pengatur suplai darah di dalam tubuh dan mempertahankan tingkat darah yang diperlukan. Konsumsi labu sebagai camilan sehari-hari akan membantu meningkatkan produksi darah dan menjaga anda tetap sehat.

Berbagai manfaat labu merah untuk kesehatan di atas tentu akan membuat anda semakin yakin untuk mulai mengonsumsi buah yang satu ini. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi pembaca. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: