Khasiat dan Manfaat Tanaman Adas untuk Kesehatan

adas, tanaman adas, adas pulosari, manfaat adas bagi kesehatan pria dan wanita, manfaat adas dan pulosari untuk kesehatan, manfaat tanaman adas untuk kesehatan, manfaat dan khasiat adas dari obat batuk hingga batu empedu

Adas memiliki nama latin Foeniculum vulgare dan terbukti memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan tubuh. Khasiat dan manfaat tanaman adas untuk kesehatan yang utama dalah untuk menghilangkan dahak, mengobati batuk dan sesak napas, serta untuk membantu mengurangi batu empedu. Bagian dari tanaman ini yang biasa digunakan untuk pengobatan adalah daun dan buahnya. Daun adas berguna untuk meningkatkan daya penglihatan, mengatasi batuk serta perut kembung.

Sementara buah adas memiliki khasiat yang lebih banyak lagi di mana ia mampu mengobati sesak napas, rematik, muntah-muntah, diare, kurang nafsu makan, susah tidur, sakit perut hingga kembung dan sakit kuning. Berikut adalah beberapa resep sederhana dari tanaman adas untuk mengobati beberapa penyakit ringan.

Untuk sesak napas, siapkan ½ sendok teh adas pulosari, 1 rimpang temulawak, 2 rimpang kencur, ¼ jari pulosari, ¼ genggam daun poncosudo, ¼ sendok teh jintan hitam dan 3 jari gula merah. Semua bahan tersebut direbus sampai airnya tersisa setengah, lalu disaring dan diminum 3 kali sehari. Untuk penyakit batuk,seduh 5 gram serbuk buah adas dengan ½ cangkir air mendidih. Saring airnya dan tambah dengan 1 sendok teh madu. Aduk dan minum 2 kali sehari.

Bagi anda yang menderita keracunan jamur, siapkan 5 gram serbuk buah adas. Seduh dengan air hangat dan segera minum. Untuk mengobati batu empedu, sediakan 5 gram serbuk buah adas dan seduh dengan air panas. Minum 2 kali sehari. Akan tetapi, anda perlu memperhatikan bahwa adas sebaiknya tidak diberikan pada penderita alergi terutama alergi terhadap sayur-sayuran seperti wortel dan seledri, pasien penderita epilepsi atau anak di bawah umur. Adas relatif aman digunakan sebagai obat namun tidak dalam jangka waktu lama.

Baca juga: Manfaat Tanaman Cocor Bebek sebagai Obat Tradisional

Akan lebih baik apabila anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Banyaknya khasiat tanaman adas ini, mulai dari buah hingga daunnya, tentu menjadikan anda ingin segera menanamnya juga di halaman rumah sebagai tanaman herbal. Terutama karena tanaman adas memang mudah berkembang di hampir seluruh wilayah Indonesia dan cocok dengan iklim tropis.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat tanaman adas untuk kesehatan. Semoga dapat menambah pengetahuan anda akan tanaman herbal. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: