Manfaat Tanaman Obat Kayu Secang

secang, khasiat kayu secang, manfaat kayu secang untuk kecantikan, manfaat kayu secang untuk kulit, manfaat kayu secang, minuman secang

Tanaman kayu obat secang merupakan salah satu tanaman obat yang sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Dalam hal ini khususnya di kalangan masyarakat Jawa. Tanaman obat yang satu ini berbentuk berupa batang dari pohon secang yang dimanfaatkan dengan cara diparut. Serutan batang kayu pohon secang inilah yang konon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berbagai manfaat tanaman obat secang untuk kesehatan tubuh sudah dikenal sejak zaman keraton Yogyakarta dulu. Biasanya serutan bayang kayu ini dibuat dalam bentuk minuman tradisional yang sering disebut dengan wedhang secang.

Wedhang secang ini dulu juga dikenal sebagai minuman keraton. Hingga saat ini tanaman obat yang satu ini masih digunakan dan dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Untuk pohon secang sendiri, tumbuhnya bisa mencapai setinggi 6 meter. Kulit kayu secang ini bisa mengeluarkan carian yang berwarna kemerahan. Cara penyajiannya biasanya sejak dulu keraton Yogyakarta meminum parutan batang obat secang ini yang dicampur juga dengan rempah yang berkhasiat lainnya. Misalnya seperti kayu manis dan juga cengkeh.

Parutan batang secang tersebut dicampur dengan rempah-rempah kemudian direbus hingga mendidih. Air rebusan tersebut yang kemudian dijaikan sebagai minuman obat. Rasa dari ramuan batang kayu secang ini seperti sedikit asam dan juga segar.

Batang kayu secang sendiri memiliki banyak kandungan bahan penting yang bisa dijadikan sebagai obat, antara lain seperti saponin, brazilin, fenil, terpeniod, tanin, falvonoid, alkaloid, dan masih banyak yang lainnya.

Sedangkan untuk khasiat dari batang kayu secang ini antara lain untuk melancarkan peredaran darah, untuk obat antiseptik, untuk membersihkan darah, dan juga bisa digunakan sebagai penawar racun. Selain itu, batang kayu secang ini juga memiliki kandungan antibakteri yang bisa dimanfaatkan sebagai anti penggumpalan.

Baca juga: Lavender Tanaman Herbal Anti Nyamuk

Dengan demikian maka tidak heran bila tanaman batang kayu secang ini juga biasanya dimanfaatkan sebagai obat diare dan juga berbagai macam penyakit seperti flu dan batuk serta anti bakteri tersebut dapat digunakan sebagai penyembuh luka. Karena kandungan bahan yang beragam dan sangat bermanfaat serta dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, maka tidak heran bila tanaman obat secang ini banyak dicari.

Itulah ringkasan informasi mengenai berbagai manfaat tanaman obat secang. Semoga memberikan manfaat bagi pembaca. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: