Bagaimana Merokok dapat Mempengaruhi Kesehatan Jantung Anda?

merokok dan jantung, angina, aterosklerosis, gagal jantung, rokok, stroke

Merokok adalah salah satu penyebab kanker paru-paru dan mulut. Namun, tahukah anda bahwa merokok juga merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung?

Penyakit jantung koroner terutama terjadi ketika ada plak yang terbentuk pada satu atau lebih arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang mengarah ke otot jantung dan menyuplai nutrisi serta oksigen ke otot-otot jantung, yang menyebabkan angina, nyeri dada, peningkatan denyut jantung, aterosklerosis, dan beberapa kasus menyebabkan gagal jantung. Senyawa-senyawa kimia yang terdapat dalam rokok tembakau juga dapat merusak sel-sel darah dengan merusak fungsi jantung dan struktur dari pembuluh darah.

Dr Vijai Kumar Ratnavelu, konsultan pulmonologist di Yashoda Super Specialty Hospital, Hyderabad, mengatakan, Merokok meningkatkan risiko penyakit jantung 2 hingga 4 kali dan mempengaruhi organ-organ utama dalam tubuh.

Di India, 35% orang yang merokok tembakau, tidak hanya meningkatkan faktor risiko kesehatan mereka sendiri, namun juga mempengaruhi orang-orang yang mereka sayangi dan terdekat. Dengan mengurangi faktor risiko, seperti merokok, 80% kematian dini karena masalah jantung dapat dihindari.

merokok, jantung, jantung koroner, karbon monoksida, kolesterol, merokok meningkatkan denyut jantung, merokok meningkatkan aterosklerosis

Pengaruh karbon monoksida pada jantung
Gas mematikan, yang merupakan produk samping dari membakar tembakau, diyakini dapat meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik). Merokok juga merusak sel darah merah dalam tubuh dengan menjenuhkan hemoglobin, sehingga membatasi jaringan mendapatkan oksigen sesuai kebutuhan.

Merokok dapat meningkatkan denyut jantung
Hal ini terjadi karena ketika karbon monoksida dalam rokok masuk, menyebabkan hemoglobin dalam sel darah merah berada pada level jenuh. Jantung pun harus memompa lebih cepat dan mendistribusikan oksigen dalam jumlah yang tidak memadai ke sel-sel. Hal ini pada akhirnya dapat mempengaruhi debaran jantung.

Merokok dikaitkan dengan aterosklerosis
Aterosklerosis adalah penebalan pembuluh darah arteri karena terbentuk plak yang terbuat dari kolesterol, lemak, kalsium, dan senyawa-senyawa lain yang ditemukan dalam pembuluh darah. Ateroskelorosis mempengaruhi pembuluh darah koroner yang menyuplai darah ke jaringan jantung.

Merokok dapat meningkatkan kecepatan terbentuknya aterosklerosis, menyebabkan suplai darah ke jantung berkurang. Dalam proses ini, pecahan-pecahan plak dapat terlepas dan menyebabkan emboli, yaitu sumbatan pada pembuluh darah karena adanya partikel dari plak yang terlepas.

Merokok juga dikaitkan dengan serangan jantung, angina, stroke, dan gagal jantung
Merokok dapat menyebabkan stres pada jantung, terutama karena karbon monoksida yang berasal dari rokok. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung tiba-tiba atau nyeri dada angina. Merokok yang dilakukan secara berantai dapat meningkatkan peningkatan tekanan darah secara tiba-tiba, menyebabkan gagal jantung.

Baca juga: Merokok Selama Hamil Merusak Pembuluh Darah Anak

Perokok dapat mengembangkan penyakit pembuluh darah perifer
Konsekuensi lain dari merokok adalah menyempitnya pembuluh darah, menyebabkan berkurangnya sirkulasi darah. Perokok dapat mengembangkan penyakit pembuluh darah perifer dan mengurangi aliran darah pada area ekstrimitas seperti tangan dan kaki yang dapat menyebabkan masalah mulai dari nyeri hingga kematian jaringan.

Semoga bermanfaat.. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: