Cara, Manfaat dan Khasiat Diet Pisang untuk Menurunkan Berat Badan

diet pisang dipagi hari, diet pisang, teori diet pisang, aturan diet pisang, manfaat dan khasiat diet pisang, kerugian diet pisang, efektivitas diet pisang

Diet dengan memakan pisang dipagi hari adalah cara yang fleksibel untuk meningkatkan kondisi fisik anda. Manfaat diet pisang ini mendapatkan popularitas di Jepang pada tahun 2008 dan mengakibatkan penurunan pada berat badan. Diet ini sangat sederhana dan mudah diikuti.

Dalam diet ini, pelaku diet harus makan pisang sebanyak yang mereka inginkan dengan air sebagai sarapan. Tidak ada pembatasan pada siang dan makan malam. Pisang bisa dimakan satu atau lebih di waktu makan tetapi tidak ada makanan penutup lainnya. Pelaku diet harus pergi tidur pada tengah malam tidak boleh makan lagi.

Diet pagi dengan makan pisang mampu menurunkan berat badan, di Jepang diet ini sangat populer. Ini dipopulerkan oleh Hitoshi Watanabe yang mengikutinya berdasarkan rekomendasi dari istrinya Sumiko Watanabe dan kehilangan 37 pon (16,8 kg) diet . karena begitu populernya  diet sehingga pisang menjadi langka di Jepang untuk waktu yang singkat, Penjual tidak dapat memenuhi permintaan konsumen.

Contoh rencana diet:
  • Sarapan Pagi: Satu atau lebih pisang (sebanyak yang diinginkan) & satu gelas air hangat
  • Makan siang: Pilih makanan sesuai dengan selera
  • Snack sore: Sebuah kudapan manis kecil hanya diperbolehkan sekitar 3 jika lapar
  • Makan malam: Makanan pilihan tetapi harus dimakan sebelum jam 8 malam sebagai makanan penutup

Teori di balik diet pisang:
Sebagai program diet yang dikembangkan oleh kelompok, ada teori yang berbeda untuk menjelaskan efektivitasnya. Beberapa ide yang paling umum adalah:
  1. Pisang mengandung enzim yang mempercepat proses pencernaan dengan mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan oleh usus untuk mencerna makanan. Hal ini menyebabkan metabolisme lebih cocok untuk menurunkan berat badan.
  2. Pisang adalah gudang pati resisten yang memperpanjang perasaan kenyang. Pati resisten juga fermentasi dalam saluran pencernaan yang meningkatkan pembakaran lemak sebesar 20% -25%.
  3. Alasan mengapa air harus dengan suhu kamar tidak tertentu, teori ini berspekulasi bahwa dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi rasa lapar. Selain itu pisang jika dibarengi dengan minum air dapat meyembuhkan gejala sembelit.

Proses pencernaan lebih ditingkatkan supaya dapat menghindari atau mengurangi makanan malam dan makan  ringan di malam hari, juga dapat membuat tidur lebih nyenyak dan tubuh terasa lebih fit ketika bangun di pagi hari. Dengan olahraga sangat diwajibkan , anda juga harus mengurangi stres, karena jika anda tidak stres maka akan terhindar dari nafsu makan yang berlebihan.

Aturan diet pisang:
  1. Makan satu atau lebih pisang untuk sarapan. Bahkan penemu diet ini makan 4 buah pisang kecil. Pisang harus baku, kaya akan enzim.
  2. Anda dapat memilih apa pun untuk makan siang dan makan malam. Namun, disarankan untuk mengurangi jumlah asupan makanan dan gorengan.
  3. DiSore hari camilan kue dan sejenisnya diperbolehkan pada sekitar pukul 03:00 namun cemilan seperti Es Krim, donat dan keripik kentang tidak dianjurkan.
  4. Dianjurkan untuk makan malam sebelum Pukul 8:00 dan untuk makanan penutup boleh dengan buah-buahan.
  5. Peraturan lain dari diet adalah bahwa Anda harus pergi tidur sebelum tengah malam. Alasannya adalah menurut studi ilmiah menunjukkan obesitas memiliki hubungan dengan kurang tidur.
  6. Produk susu dan alkohol tidak diperbolehkan pada diet ini. Satu-satunya minuman yang dapat dikonsumsi air putih.
Banyak latihan tidak diperlukan. Sedikit berjalan setiap hari adalah lebih baik.

Manfaat dan Khasiat Diet Pisang:
Banyak orang Jepang telah melaporkan penurunan berat badan yang cepat ketika bereksperimen dengan diet ini. Selain sederhana dan mudah diikuti, diet ini menawarkan berbagai manfaat. Pisang adalah sumber yang sangat baik dari serat makanan. Serat 6 gram dalam 2 pisang sebagai sarapan dapat mengurangi asupan kalori.

Serat di perut, memperpanjang perasaan kenyang dan menarik beberapa kalori melalui sistem pencernaan sebelum mereka dapat diserap. Ini mengurangi kemungkinan makan berlebihan. Menghindari kafein pada saat sarapan ,mengurangi nafsu makan dan kadar glukosa darah menjadistabil. Peningkatan konsumsi pati resisten dapat meningkatkan pembakaran lemak dan menurunkan akumulasi lemak.

Kerugian dari Diet Pisang:
Meskipun pisang sangat efektif dalam hal diet, namun diet ini memiliki kelemahan tertentu seperti:
  1. Salah satu masalah yang terkait dengan diet ini adalah bahwa hal itu dapat menyebabkan penyalahgunaan pengaturan jadwal makan siang dan makan malam.
  2. Karena diet ini membolehkan pelaku diet bebas memilih makanan pada waktu siang dan  malam, mereka cenderung  mengkonsumsi kelebihan kalori untuk makan siang dan makan malam mereka.
  3. Sebuah karbohidrat sarapan murni tidak cocok untuk diet tertentu terutama yang hipoglikemia.
  4. Diet ini benar-benar mengabaikan faktor-faktor psikologis yang terlibat dalam diet.
  5. Diet ini tidak diperbolehkan melakukan olahraga yang berlebih.

Efektivitas Diet Pisang:
Keberhasilan dari diet ini tidak bisa hanya mengandalkan pisang sebagai pembakaran lemak, tapi anda harus mengikuti aturan diet ini. Selama diet tidak mengkonsumsi kalori berlebih dalam makanan anda, maka akan ada pengurangan kalori. Dengan demikian, efek positif dari diet ini adalah karena fakta bahwa berada di diet pada umumnya membuat orang menyadari apa yang mereka makan.

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Kembang Sepatu untuk Rambut
 
Demikian rangkuman tentang cara, manfaat dan khasiat diet pisang untuk menurunkan berat badan. Semoga artikel ini memberikan masukan yang bermanfaat bagi rencana diet anda. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: