Khasiat Pengobatan Kumis Kucing untuk Kesehatan

kumis kucing, kegunaan kumis kucing, manfaat daun kumis kucing untuk infeksi saluran kemih, kumis kucing, manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan, manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan tubuh, manfaat tanaman kumis kucing untuk pengobatan, manfaat kumis kucing

Kumis kucing memiliki nama latin Orthosipan arsitatus. Khasiat kumis kucing untuk pengobatan telah teruji untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman ini sendiri sangat mudah ditemukan di seluruh daerah di Indonesia.

Tanaman ini memiliki beberapa nama lain di tempat berbeda. Seperti misalnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur, kumis kucing dikenal dengan nama remujung. Di daerah Madura namanya menjadi songot koneng, dan di Sumatera terkenal dengan sebutan giri-giri marah.

Diperkirakan negara asal tanaman ini adalah daerah tropis seperti Afrika, kemudian penyebarannya meluas hingga ke Asia dan Australia. Di luar negeri, kumis kucing memiliki nama kidney tea plants atau java tea.

Kumis kucing telah banyak digunakan sebagai terapi herbal. Daun yang dipakai kadang berupa daun basah atau daun kering, tergantung pada resep dari pakar pengobatan. Daun kumis kucing berguna sebagai peluruh air kemih atau diuretik dan sering pula dijadikan sebagai obat reumatik.

Kegunaan kumis kucing lainnya yang terkenal antara lain adalah sebagai obat batuk, masuk angin dan encok. Bagian daun kumis kucing biasa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan batu ginjal, sipilis, batuk, radang ginjal, kencing manis dan menurunkan kadar gula dalam darah. Sifat antibakteri dalam daun ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan gatal-gatal akibat alergi.

Semua kegunaan di atas tak lepas dari kandungan berbagai senyawa yang terdapat di dalamnya. Sebut saja mulai dari zat samak, saponin, glikosida orthosiphonin, mineral seperti mionositol, kalium, sinensetin dan sapofonin. Untuk penyakit kencing batu, contohnya, petik 7 lembar daun kumis kucing dan 7 lembar tanaman meniran. Rebus semua bahan dan minum airnya secara rutin.

Sementara untuk membantu mengobati diabetes serta hipertensi, rebus 2 genggam daun kumis kucing sampai mendidih dan hanya tersisa satu gelas. Minum rutin sekali sehari sampai menunjukkan hasil positif.

Baca juga: Khasiat Tanaman Herbal Temulawak

Banyaknya khasiat kumis kucing untuk pengobatan tentunya semakin meningkatkan kesadaran kita untuk mulai menanam tanaman herbal ini di halaman rumah serta pentingnya merawat alam yang terbukti kaya akan manfaat.

Demikian informasi rangkuman khasiat kumis kucing untuk pengobatan, semoga bermanfaat bagi keluarga anda. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: