Khasiat Tanaman Herbal Temulawak

temulawak, curcuma, temulawak untuk kesehatan, asma, guna temulawak, temulawak dan manfaatnya, khasiat manfaat temulawak bagi kesehatan dan kecantikan

Mengenal Tanaman Obat Herbal Temulawak
Anda tentunya sudah tak asing dengan tanaman obat herbal temulawak. Ya, tumbuhan yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza ini telah lama dikenal dan dipakai sebagai salah satu bahan pembuatan jamu baik modern maupun tradisional. Tentu saja karena manfaat dan khasiat dari temulawak yang memang ada banyak sekali.

Tumbuhan ini memiliki banyak kandungan senyawa kimia dalam rimpangnya. Beberapa di antaranya adalah turmerol dan fellandrean yang sering disebut minyak menguap, kamfer, foluymetik, glukosida, karbinol dan kurkominoid.

Kurkominoid sendiri bersifat menetralkan racun, meningkatkan sekresi empedu, menghilangkan nyeri sendi dan menurunkan kadar kolesterol. Sedangkan minyak atsiri memiliki khasiat untuk menekan pembengkakan jaringan dan meningkatkan produksi getah empedu.

Temulawak juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam pencernaan seperti indisgestion dan dyspepsia. Temulawak atau curcuma juga dapat meredakan peradangan, misalnya osteoarthritis. Kandungan curcumin dalam temulawak telah teruji dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan pembuluh darah yang bertugas menyuplai pertumbuhan kanker.

Khasiat lain dari temulawak adalah meningkatkan nafsu makan terutama bagi orang-orang yang ingin menggemukkan badan. Anda juga bisa membuat jamu dari temulawak ini sendiri di rumah, terutama karena proses pembuatannya yang sederhana. Hanya tinggal direbus saja dengan tambahan beberapa bahan lain seperti lengkuas, daun meniran, daun kumis kucing, kunyit atau gula aren.

Bagi penderita asma, siapkan 1 ½ rimpang temulawak dan 1 potong gula aren. Iris tipis temulawak dan keringkan, lalu rebus dengan 5 gelas air plus 1 potong gula aren. Sedang menderita masuk angin atau sakit kepala? Coba iris tipis-tipis beberapa rimpang temulawak lalu keringkan dan tumbuk halus menjadi tepung. Rebus 2 genggam tepung temulawak dengan 4-5 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Untuk menambah nafsu makan, siapkan 2 rimpang temulawak, ¼ rimpang lengkuas dan ½ genggam daun meniran. Rebus semua bahan kemudian saring airnya dan minum 2 kali sehari ½ gelas.

Baca juga: Manfaat dan Kegunaan Daun Sirih untuk Kesehatan

Dengan berbagai khasiat dari tanaman obat herbal temulawak ini, tak heran temulawak menjadi bahan yang paling sering digunakan dalam pembuatan jamu tradisional. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: