Manfaat dan Kegunaan Daun Sirih untuk Kesehatan

daun sirih, fungsi daun sirih merah, daun sirih merah untuk keputihan, daun sirih obat mata, daun sirih obat keputihan, daun sirih untuk keputihan, manfaat rebusan daun sirih

Daun sirih yang memiliki nama latin Piper betle ini merupakan salah satu tumbuhan merambat yang mampu mencapai ketinggian sampai dengan 15 meter. Ada daun sirih merah dan hijau yang memiliki fungsi kesehatan bagi manusia.  Manfaat dan kegunaan daun sirih untuk kesehatan terhitung sangat banyak jumlahnya. Daun sirih sendiri berbentuk jantung dengan ujung runcing dan jika diremas akan mengeluarkan bau segar.

Orang-orang tua pada zaman dulu biasa mengunyah sirih dengan tambahan gambir, pinang dan juga kapur. Perpaduan ketiganya dipercaya dapat membuat gigi menjadi tahan lama dan lebih jarang berlubang. Pada zaman modern sekarang ini daun sirih masih dipercaya mampu berkhasiat untuk berbagai macam masalah kesehatan dan juga kecantikan, mulai dari mengurangi bau ketiak sampai menghilangkan keputihan pada wanita.

Air rebusan daun sirih dapat berguna untuk membersihkan mata. Sakit gigi dan gusi juga bisa dikurangi dengan daun sirih. Caranya sederhana, tinggal kunyah daun sirih hijau atau berkumur dengan rebusan daun sirih. Rebusan daun sirih juga bisa digunakan untuk membasuh daerah kewanitaan untuk mengobati keputihan.

Rutin berkumur dengan rebusan daun sirih juga bisa mengurangi sariawan serta bau mulut tak sedap perlahan akan berkurang. Untuk mengobati luka bakar, panaskan daun sirih sampai layu lalu tempelkan di luka. Pada penderita mimisan, daun sirih juga kerap dipakai untuk membuat darah berhenti keluar. Caranya mudah, tinggal sumpalkan gulungan daun sirih di hidung.

Jika mengalami gatal-gatal di kulit, daun sirih pun dapat dipakai untuk mengobatinya. Tumbuk daun sirih terlebih dahulu lalu balurkan di area yang terasa gatal. Meminum air rebusan daun sirih dipercaya dapat mematikan kuman penyebab penyakit demam berdarah.

Baca juga: Khasiat dan Manfaat Tanaman Adas untuk Kesehatan

Daun sirih juga bisa untuk mengusir serangga yang mengganggu seperti nyamuk dan semut. Kedua serangga ini akan menyingkir di sekitar lokasi tanaman ini. Sehingga, menanam daun sirih di halaman rumah anda akan menjadi keuntungan tersendiri. Selain berbagai manfaat yang telah dijabarkan di atas, tanaman ini juga bisa membuat rumah anda bebas dari serangga-serangga pengganggu.

Semoga artikel mengenai manfaat dan kegunaan daun sirih ini dapat membantu anda. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: