Manfaat, Khasiat dan Kegunaan Tanaman Jahe Merah untuk Kesehatan Tubuh

jahe merah, resep jahe merah, tanaman jahe merah dan manfaatnya, jahe merah manfaat, manfaat jahe merah untuk kesehatan, manfaat jahe merah bagi kesehatan untuk batuk diet kecantikan, tanaman jahe merah

Kegunaan jahe merah untuk  kecantikan tubuh sudah banyak diketahui oleh para kaum hawa karena jahe merah merupakan salah satu bahan untuk membuat ramuan pelangsing tubuh. Akan tetapi sebenarnya manfaat, khasiat  dan kegunaan tanaman jahe merah untuk kesehatan tubuh masih banyak lagi seperti dapat mencegah penyakit batuk, rematik dan lainnya.

Jahe merah merupakan salah satu jenis jahe yang sangat mudah di temukan dan biasanya di gunakan untuk campuran makanan karena fungsinya yang dapat memberikan rasa pada makanan serta menjadikan makanan tersebut menjadi lebih lezat. Tidak heran banyak orang yang memanfaatkan jahe merah untuk berbagai macam hal.

Salah satu kegunaan tanaman jahe merah adalah sebagai tanaman obat karena di dalam jahe merah terdapat kandungan zat yang dapat menyembuhkan pembengkakan pada sendi-sendi tubuh. Hal tersebutlah yang membuat jahe merah berfungsi untuk mencegah atau mengobati rematik adapun resep dan cara pengolahannya dengan mencampurkan temu lawak, jahe merah, kumis kucing, cabe jawa kemudian rebus bersama air dan minum air rebusan tersebut 2 kali dalam sehari.

Jahe merah juga dikenal dapat melancarkan sistem peredaran darah karena jahe merah mengandung zat yang berfungsi untuk membuang kolesterol jahat yang menghambat peredaran darah. Tidak hanya itu, jahe merah juga mempunyai manfaat mengurangi sakit kepala dengan cara menghirup aroma dan bau dari jahe merah.

Khasiat jahe merah lainnya adalah berguna untuk meredakan radang tenggorokan dan batuk karena jahe merah memiliki sifat untuk menghangatkan tubuh. Itulah mengapa untuk penyakit radang tenggorokan biasanya jahe merah menjadi pilihan utama sebagai resep obat herbal tradisional.

Selain itu jahe merah juga dapat mengurangi jerawat pada bagian muka karena terdapat zat yang dapat membunuh bakteri jahat pada kulit akan tetapi tidak diperuntukan bagi orang yang memiliki riwayat penyakit maag. Kalau pun boleh hanya bisa dikonsumsi dengan dosis yang sedikit karena jahe merah dapat membakar lambung penderita penyakit maag.

Baca juga: Khasiat Pengobatan Kumis Kucing untuk Kesehatan

Sekian informasi mengenai manfaat, khasiat dan kegunaan tanaman jahe merah bagi kesehatan tubuh, semoga dapat bermanfaat. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: