10 Manfaat dan Khasiat Kacang Buncis bagi Kesehatan

buncis obat diabetes, manfaat buncis untuk ibu hamil, manfaat buncis untuk diet, manfaat buncis, manfaat buncis untuk kesehatan, manfaat sayur buncis, manfaat dan khasiat dalam sayur buncis

Kacang buncis memiliki sumber utama protein dan serat larut, kacang ini bebas dari lemak jenuh, sehingga kelezatan yang sangat luar biasa untuk dinikmati bersama. Berikut  10 manfaat dan khasiat dari kacang buncis bagi kesehatan:

1. Baik untuk jantung:
Satu cangkir kacang buncis menghasilkan 36 gram serat larut. Studi menunjukkan bahwa konsumsi serat dapat mengontrol kadar kolesterol dan gula darah. Varian serat ini juga membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, dan dengan demikian melindungi jantung anda juga sebagai obat diabetes.

2. Diet rendah lemak:
Kacang buncis kaya akan protein. Menurut European Journal of Clinical Nutrition, penderita obesitas yang mengonsumsi makanan yang kaya protein tinggi dan serat tinggi biasanya lebih berhasil dalam hal diet rendah lemak.

3. Dilengkapi dengan nutrisi:
Sayur kacang buncis memiliki nutrisi dan berbagai macam mineral dan vitamin seperti magnesium, kalium, besi, tembaga, fosfor, vitamin B1, dan thiamin. Sementara vitamin B1 sangat penting untuk kinerja sistem saraf pusat, tembaga penting dalam menjaga kekebalan tubuh, aliran darah, dan tulang seimbang dan sehat. Magnesium dan fosfor juga dibutuhkan tubuh untuk menjaga tingkat tekanan darah dan tulang yang kuat, sedangkan besi dibutuhkan oleh tubuh sebagai transporter oksigen.

4.  Sumber folat dan mangan:
Kacang buncis adalah sumber mangan dan folat. Mangan memiliki peran klasik protein dan memetabolisme karbohidrat, folat juga diperlukan untuk sintesis sel-sel darah merah, kekebalan dan kesehatan jantung.

5. Memerangi depresi:
Ya, kacang buncis ini bisa membantu dalam memerangi depresi. Menurut penelitian, kacang kaya dengan dopamin asam amino dapat melakukan keajaiban dalam memberikan ketenangan suasana hati anda dan dengan demikian membantu menurunkan tingkat depresi.

6. Membantu dalam menghindari rasa lapar:
Studi menunjukkan bahwa kacang buncis mengandung serat dan protein serta membantu dalam mengurangi rasa lapar.  Kacang buncis yang direbus dalam ½ cangkir dapat memberikan 95 kalori.

7. Baik untuk wanita hamil:
Ibu hamil membutuhkan zat besi dan kalsium. Kacang buncis  adalah makanan ideal bagi wanita hamil dan menyusui. Kacang buncis mampu memenuhi sekitar 14% dari RDA besi, mereka juga dikenal memiliki kalsium dengan jumlah yang tinggi. Sembelit yang dialami karena kekurangan serat selama kehamilan juga bisa diatasi dengan kacang buncis, juga  memberi energi yang cukup.

8. Bagus untuk mengobati penyakit parkinson:
Kacang buncis memiliki kandungan levodopa. Levodopa adalah zat yang terdapat pada obat yang digunakan untuk mengobati penyakit parkinson. Sementara jumlah kadar zat ini bervariasi tergantung pada jenis kacang buncis, pada 3 ons kacang buncis hijau segar terkandung sekitar 50 mg menghasilkan sampai 100 mg bahan kimia ini.

9. Sumber vitamin C:
Kacang buncis adalah sumber vitamin C. Dan, vitamin ini, adalah antioksidan yang sangat kuat. Sifat antioksidan vitamin C yang terdapat pada kacang buncis membantu dalam menghilangkan radikal bebas,menginduksi kerusakan oksidatif. Kerusakan oksidatif ini dapat memicu timbulnya tanda-tanda penuaan dini, misal: kerutan atau garis-garis halus, berbagai jenis kanker, dan bahkan melemahkan sistem kekebalan tubuh. 100 gram kacang mentah memberikan 1,4 mg vitamin C.

10. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh anda:
Kacang buncis merupakan salah satu sumber potasium, dapat diandalkan untuk menjaga keseimbangan kadar pH pada tubuh. Kalium sangat penting untuk menjaga fungsi normal dari sel-sel tubuh, detak jantung normal, dan fungsi otot.

Baca juga: 5 Manfaat Ubi Jalar untuk Diet Sehat

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari kacang buncis, namun untuk manfaat yang disebutkan di atas sudah terbukti dan teruji secara klinis. Semoga setelah membaca postingan di atas dapat menambah pengetahuan anda tentang manfaat kesehatan dari kacang buncis. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: