Berbagai Manfaat dan Khasiat dari Tanaman Kunyit bagi Kesehatan dan Kecantikan

kunyit, kunyit putih untuk kanker, jamu kunyit asam sidomuncul, manfaat kunyit, manfaat kunyit untuk kesehatan lambung dan perut, khasiat manfaat kunyit putih untuk kecantikan dan kesehatan, khasiat kunyit untuk kecantikan

Kunyit memiliki nama latin Curcuma domestica val terdiri dari beberepa jenis, diantaranya kunyit putih dan kunyit kuning. Kunyit terkenal terutama sebagai salah satu bumbu dapur yang khas. Berbagai manfaat dan khasiat dari tanaman kunyit lainnya selain sebagai bumbu dapur adalah untuk obat herbal tradisional.

Hal ini terutama karena kunyit mengandung antioksidan serta fitonutrien yang dapat meningkatkan kesehatan sehingga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh pula. Oleh karena itu banyak perusahaan jamu modern seperti sidomuncul memproduksi jamu kunyit asam.

Dalam kunyit juga terkandung kurkumin yang memiliki zat antioksidan, anti-glikemik, antimikroba dan anti-inflamasi di dalamnya. Beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan kunyit antara lain adalah diabetes, juga sebagai pencegah infeksi dan mengurangi lemak dalam tubuh. Fungsi kunyit yang lain di antaranya adalah:
  1. Kunyit dapat menghambat perkembangan penyakit leukimia
  2. Kunyit dapat meminimalisir racun dan bahan kimia berbahaya dalam tubuh
  3. Kunyit dapat memperlambat proses penuaan lewat pertumbuhan dan peremajaan sel
  4. Kunyit bersifat anti kanker sehingga dapat mengurangi kemungkinan penyakit kanker
  5. Kunyit dapat berguna sebagai antiseptik alami dan membantu menyembuhkan luka dengan lebih cepat
  6. Kunyit dapat membantu menurunkan berat badan lewat proses peningkatan metabolisme dalam tubuh
  7. Kunyit membantu melembabkan kulit dan mengurangi kekeringan pada kulit
  8. Kunyit membantu menyembuhkan pigmentasi akibat paparan sinar matahari
  9. Kunyit mmebantu mencerahkan bekas luka bakar dan dapat menyembuhkan memar
  10. Dalam bidang kecantikan, kunyit membantu membersihkan muka supaya terlihat lebih cerah bersinar
  11. Anti glikemik dalam kunyit membantu mengatur serta menyeimbangkan kadar insulin dalam darah, sehingga kunyit juga bagus untuk penderita diabetes

Baca juga: Manfaat, Khasiat dan Kegunaan Tanaman Jahe Merah untuk Kesehatan Tubuh

Cara konsumsi kunyit sendiri tidak terlalu rumit. Anda cukup menyiapkan kunyit dalam bentuk bubuk untuk selanjutnya dicampur dengan susu atau gula, kemudian seduh dengan air panas. Rutin mengonsumsi minuman kunyit ini akan berdampak sangat positif bagi tubuh, selain untuk kesehatan juga berguna untuk kecantikan kulit wajah.

Mulai menanam tanaman kunyit di halaman belakang rumah akan membuahkan berbagai manfaat bagi anda. Tidak hanya sebagai bumbu dapur pelengkap masakan tapi juga sebagai obat herbal karena memang manfaat dari kunyit ini sudah terbukti luas di mana-mana.

Itulah rangkuman berbagai manfaat dan khasiat dari tanaman kunyit bagi kesehatan maupun kecantikan. Semoga setelah membaca artikel ini anda mendapat pengetahuan baru tentang tanaman yang ada disekitar kita sehari-hari memiliki manfaat sebagai obat herbal. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: