10 Khasiat dan Manfaat Teh Rambut Jagung bagi Kesehatan dan Pengobatan

rambut jagung, rambut jagung untuk diabetes, manfaat rambut jagung untuk kesehatan, rambut jagung muda atasi batu ginjal, manfaat rambut jagung, manfaat mengagumkan rambut jagung untuk kesehatan, khasiat rambut jagung, manfaat dan khasiat teh rambut jagung

Rambut jagung memiliki beberapa khasiat dan manfaat yaitu sebagai nutrisi dan kandungan antioksidan, nutrisi penting seperti potasium, kalsium dan vitamin B2, C dan K. Suku asli Amerika, khususnya, telah menggunakan rambut jagung selama berabad-abad untuk kebutuhan obat dan penyembuhan.

Dibawah ini adalah 10 khasiat dan manfaat rambut jagung bagi kesehatan:

1.  Mengobati infeksi saluran kemih:
Rambut jagung bekerja sebagai agen anti-inflamasi untuk infeksi saluran kemih. Pada dasarnya melapisi lapisan saluran kemih dan iritasi lebih lanjut. Konsumsi teh rambut jagung membantu menyembuhkan infeksi pada saluran kemih yang meradang.

2.  Sebagai diuretik agen:
Diuretik adalah obat yang memungkinkan ginjal untuk mengekskresikan urin lebih banyak dan menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh. Diuretik digunakan bagi pasien yang menderita gagal jantung kongestif dalam bentuk larutan atau dalam bentuk pil. Beberapa diuretik yang terkandung pada rambut jagung adalah agen antihipertensi yang efektif.

Bagi usia yang sudah lanjut, teh rambut jagung telah digunakan sebagai agen diuretik alami. Ini membantu flush kelebihan air dan limbah dari tubuh, sehingga mengurangi komplikasi yang berhubungan dengan retensi air. Menurut penelitian, penggunaan diuretik membantu menyingkirkan beberapa bahaya kesehatan termasuk gagal jantung dan ginjal penyakit kongestif dalam jangka panjang.

3.  Menjaga batu ginjal:
Batu ginjal terbuat dari penimbunan kristal kecil yang dapat menyebabkan rasa sakit dan gangguan. Rambut jagung telah digunakan sejak zaman kuno untuk mencegah terjadinya batu ginjal. Penggunaan rambut jagung dapat meningkatkan aliran urin dan mengurangi kemungkinan pembentukan endapan pada ginjal, yang jika tidak diobati akan dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

4.  Memfasilitasi pembekuan darah:
Mengandung vitamin K yang membantu dalam proses pembekuan darah. Hal ini memastikan anda tidak mengalami kehilangan darah yang berlebihan apabila mengalami cedera.

5.  Menurunkan tekanan darah:
Banyak orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi saat ini. Mereka bisa mengkonsumsi teh rambut jagung untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Ini akan memastikan mereka tidak harus menghadapi dampak buruk dari OTC obat tekanan darah.

6.  Membantu mengatur kadar gula darah:
Minum teh rambut jagung membantu mengatasi masalah gula darah, sesuai temuan studi yang diterbitkan pada tahun 2012 dalam International Journal of Biological Makromolekul menunjukkan bahwa rambut jagung sutra dapat mengatasi diabetes. Penelitian terhadap tikus yang menderita diabetes mencatat bahwa penerapan rambut jagung polisakarida membantu menurunkan kadar gula darah.

Gula darah tinggi menyebabkan banyak penyakit seperti stroke, masalah ginjal, dan diabetes. Studi lain yang diterbitkan pada tahun 2009 di Nutrisi dan Metabolisme jurnal menunjukkan bahwa teh rambut jagung membantu generasi insulin dalam tubuh manusia.

7.  Membantu menyembuhkan penyakit inflamasi:
Rambut Jagung dikenal karena memiliki sifat anti-inflamasi. Infalamasi atau peradangan adalah nyeri, panas dan bengkak kemerahan pada jaringan karena alergi, infeksi, kimiawi, ataupun cedera fisik.

8. Menjaga kadar kolesterol:
Kolesterol dalam aliran darah menyebabkan timbulnya beberapa penyakit penting dalam jangka panjang (termasuk komplikasi jantung). Para Dokter menganjurkan menjaga kadar kolesterol dalam darah rendah adalah kunci untuk tetap menjaga kesehatan jantung dan menghindari bahaya sakit jantung. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan Universitas Jilin di Cina menunjukkan bahwa konsumsi rambut jagung menurunkan kolesterol pada hewan pengerat.

9.  Sumber vitamin C:
Rambut Jagung mengandung vitamin C  sangat ideal untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C memiliki peran penting dalam tubuh manusia.

10. Membantu melawan obesitas:
Obesitas adalah ancaman kesehatan utama yang mempengaruhi sebagian besar populasi manusia saat ini. Sementara obesitas disebabkan oleh lebih dari satu faktor termasuk genetika, beberapa orang memiliki kelebihan berat badan karena retensi air yang berlebihan dan akumulasi racun dalam tubuh. Rambut jagung membantu menghilangkan kelebihan air dan limbah dari tubuh. Mereka dapat mengkonsumsi teh ini dua atau tiga kali sehari untuk manfaat yang lebih maksimal.

Baca juga: 13 Manfaat dan Khasiat Minyak Alpukat untuk Kecantikan dan Pengobatan

Itulah rangkuman tentang khasiat dan manfaat dari rambut jagung bagi kesehatan. Semoga artikel ini menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang tanaman yang ada di sekitar kita sebagai obat herbal. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: