8 Jenis dan Manfaat Vitamin pada Jamur

jamur, vitamin, vitamin D, vitamin H, vitamin B, manfaat jamur untuk ibu hamil, manfaat makan jamur untuk kesehatan

Jamur dapat disajikan  dengan beberapa variasi baik itu sup sayuran, sebagai bumbu atau krim untuk pasta favorit anda, terdapat 8 jenis dan manfaat serta khasiat vitamin yang ada pada jamur yaitu:

1. Vitamin D:
Vitamin D sangat penting bagi kesehatan gigi dan tulang. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kelemahan otot, atrofi otot, sakit kronis, stroke, hipertensi, cacat lahir dll. Jamur dapat menjadi suplemen lezat untuk orang-orang yang kekurangan vitamin D.

2. Vitamin B1:
Jamur juga merupakan sumber vitamin B1, yang juga dikenal sebagai Thiamin. Thiamin berfungsi sebagai kontrol pelepasan energi dari karbohidrat. Hal ini diperlukan untuk fungsi normal untuk sistem saraf  dan otak.

3. Vitamin B2:
Jamur yang diperkaya dengan Riboflavin atau vitamin B2. Vitamin ini mempromosikan visi yang baik dan kesehatan pada mata. Tidak hanya itu, tetapi juga mempertahankan sel-sel darah merah yang sehat, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin B2 yang terdapat dalam jamur juga dapat menjadikan kulit tampak lebih sehat.

4. Vitamin B3:
Niacin atau Vitamin B3 adalah kata lain dari vitamin B3 yang ditemukan dalam jamur. Membantu dalam mengendalikan pelepasan energi dari karbohidrat, lemak dan protein. Hal ini cenderung untuk menjaga sistem saraf tubuh kita dan sistem pencernaan dalam kondisi yang baik.

5. Vitamin B5:
Vitamin B5, juga dikenal sebagai asam pantotenat, yang terkandung secara alami pada jamur. Merupakan vitamin yang berperan sebagai metabolisme dalam tubuh kita. Asam pantotenat juga memberikan bantuan dalam hal memproduksi hormon dalam tubuh kita.

6. Vitamin B6:
Vitamin B6 juga ditemukan dalam jamur. Ini membantu dalam meningkatkan suasana hati anda. Vitamin B6 mengatur jam internal tubuh kita yang sangat penting untuk fungsi otak normal dan pengembangan. Vitamin ini juga bertanggung jawab untuk mengurangi perubahan suasana hati dan depresi.

7. Vitamin B9:
Jamur sangat kaya vitamin B9, yang umumnya dikenal sebagai Folat. Vitamin B9 membantu dalam pembentukan sel darah putih dan merah pada sumsum tulang. Folat juga sangat penting untuk pertumbuhan yang sehat dari tubuh. Bahkan ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi Folat, yang membantu dalam pertumbuhan yang tepat dari janin.

8. Vitamin H:
Vitamin H atau Biotin juga ditemukan dalam jamur. Hal ini penting dalam metabolisme karbohidrat dan protein. Ini memperkuat kesehatan batin kita dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

Ini adalah daftar vitamin yang ditemukan dalam jamur. Meskipun vitamin ini juga bisa ditemukan di banyak sayuran, dan vitamin pada sayuran akan hilang ketika sayuran dimasak dengan air mendidih. Akan tetapi kalau jamur tidak melibatkan air mendidih cukup digoreng saja, Dan karena ini, vitamin yang ada di dalamnya tidak hilang. Jamur mudah mempertahankan kandungan vitamin mereka ketika dimakan.

Baca juga : 7 Manfaat dan Khasiat Melon Galia bagi Kesehatan
 
Anda bisa memanggang, grill atau tumis jamur, digunakan sebagai salad atau topping pizza atau memasukkan mereka dalam sup anda, dips dan saus. Tidak peduli bagaimana anda memilih untuk makan mereka, jamur memiliki kegunaan dalam menjaga tubuh anda sehat. Jamur adalah rendah kalori, bebas kolesterol dan bebas lemak makanan yang diperkaya dengan begitu banyak nutrisi.

Semoga artikel ini menambah pengetahuan anda tentang jenis-jenis vitamin dan manfaatnya, khususnya vitamin yang terdapat pada jamur. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: