10 Obat Batuk Alami

batuk, obat alami untuk batuk, obat batuk alami, obat batuk herbal, ramuan tradisional batuk, ramuan obat batuk alami, mengobati batuk

Batuk adalah suatu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan zat yang dianggap asing dari tubuh. Tenggorokan akan mengeluarkan lendir yang disebut dahak untuk mengeluarkan zat asing tersebut.

Namun, terkadang batuk ini mengganggu aktivitas, membuat kita mudah lelah karena kurangnya tidur, sehingga kita perlu segera mengobati batuk tersebut. Batuk bisa kita obati dengan obat kimia atau dengan obat alami. Ada beberapa ramuan obat tradisional yang dapat meredakan batuk.

Berikut merupakan 10 obat batuk alami yang patut anda coba:

1. Madu dan lemon
Dibuat dengan cara mengambil 1 sdt madu ditambah 1-2 sdt sari lemon. Campurkan dalam segelas air hangat. Minumlah 1 x sehari sampai batuk hilang.

2. Jahe
Ambillah 2-3 irisan jahe, seduh dalam teh hangat. Minumlah 2-3 x sehari.

3. Kunyit
Ambillah 1/2 sdt kunyit yang telah ditumbuk. Tambahkan madu secukupnya. Campurkan ke dalam segelas susu.

4. Madu dan lada putih
Ambil 1 sdt madu dan tambahkan sedikit lada putih. Minumlah 2-3 x sehari.

5. Kemangi
Siapkan 1-2 gelas air putih. Ambillah 2-3 daun kemangi, kemudian rebus dengan air yang telah disiapkan.

6. Kencur
Ambillah 1 rimpang kencur sebesar ibu jari, kemudian diparut. Tambahkan 1 cangkir air hangat, lalu peras dan saring. Tambahkan garam secukupnya. Minumlah 1-3 x sehari. Atau kunyah kencur segar, hisap sarinya dan buang ampasnya.

7. Jeruk nipis
Siapkan 1 buah jeruk nipis, 3 gram bawang putih, dan 2 sdm madu murni. Tumbuklah bawang putih dan peras jeruk nipis, aduk. Tambahkan 2 sdm air matang, lalu saring. Hasil saringan dimasukkan dalam gelas, tambahkan madu. Tambahkanlah 1/2 gelas air panas. Minumlah siang dan sore hari.

8. Lidah buaya
Ambillah lendir lidah buaya dan campurkan dengan madu murni 1 sdm. Minumlah 3x sehari. Berikan 1/2 sdt untuk anak-anak.

9. Belimbing wuluh
Siapkan 10 buah belimbing wuluh yang telah dicuci, haluskan. Tambahkan 1 cangkir air matang dan garam secukupnya. Peras dan saring. Minumlah 2x sehari, pagi dan sore hari.

10. Daun sirih
Siapkan 10 lembar daun sirih yang telah dicuci. Rebuslah dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Minumlah airnya selagi hangat. Ramuan ini diminum 2x sehari.

Baca juga: Tips Membeli Obat lewat Internet

Itulah 10 obat batuk alami yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga bisa menjadi referensi obat batuk keluarga anda. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: