11 Tanaman Herbal Peluruh Kolestrol

peluruh kolesterol, kolesterol, trigliserida, tanaman peluruh kolesterol, resep alami peluruh kolesterol, peluruh kolesterol dengan kubis dan belimbing, turunkan trigliserida kolesterol pakai herbal, tanaman herbal berkhasiat mengobati kolesterol, tanaman herbal menurunkan kadar kolesterol, resep tanaman peluruh kolesterol dan trigliserida, tanaman herbal peluruh kolesterol

Banyak tanaman herbal yang terbukti turun-temurun dapat menurunkan kadar kolesterol atau trigliserida darah. Karena itu murah dan mudah didapat, banyak jenis tanaman ini yang direkomendasikan.

Menggunakan tanaman herbal apapun, baik daun, biji, akar, dan buah, tidak berarti makan tanaman tersebut sebanyak mungkin, namun konsumsilah sesuai dengan komposisi herbal dan dosis. Oleh karena itu, cara membuat ramuan, komposisi, dosis dan waktu penggunaannya harus baik dipelajari lagi dengan benar.

Berikut adalah 11 resep tanaman peluruh kolesterol dan trigliserida yang diperoleh dari berbagai sumber:

1. Jamur kuping putih
Bahan: 10 gram jamur kuping putih kering
Cara menggunakan: jamur putih dipotong-potong secukupnya, kemudian direbus dengan 3 cangkir air 1 cangkir tersisa. Tambahkan sedikit pemanis buatan. Setelah dingin, diminum dan jamurnya yang dapat dimakan.

2. Kubis
Kubis (Brassica oleracea var. capitate) juga disebut kol, berisi air, protein, lemak, karbohidrat, betakaroten, serat, kalsium, tinamide dan fosfor. Kubis juga mengandung senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan dan iberin, yang merangsang pembentukan glutation.
Bahan: 1 kubis segar
Cara menggunakan: mencuci kubis sampai bersih, lalu bilas dengan air. Potong yang diperlukan, kemudian diramu. Jus kubis air diminum sekaligus, lakukan setiap hari.

3. Alpukat
Alpukat mengandung vitamin B1, asam folat, Niasin, Asam Pantotenat, vitamin B6, fosfor, vitamin C, besi, vitamin E, kalium, magnesium, dan glutation, juga kaya serat dan monounsaturated fatty acid. Kandungan ini yang mampu menurunkan kadar trigliserida darah dan kolesterol.
Bahan: 1 buah alpukat matang
Cara menggunakan alpukat: buah dimakan mentah. Lakukan setiap hari.

4. Akar manis
Tanaman yang memiliki nama lain licorice berisi sejumlah zat-zat seperti triterpenoid, asam ferulic, flavanoid, asam sinapic, biotin, asam amino dan beta-sitoserol. Untuk dicatat, jangan gunakan akar manis dalam dosis besar untuk jangka panjang. Ada laporan bahwa penggunaan akar manis dengan dosis 30-40 gram per hari untuk 9 bulan menyebabkan kelemahan otot, hipertensi, edema, dan kurangnya kalium.
Bahan: 10 gram licorice
Cara menggunakan: akar manis direbus dengan 3 cangkir air bersih untuk sisa 1 cangkir. Setelah dingin, air disaring, dan kemudian dibagi menjadi 2 kali minum, pagi dan malam.

5. Buah belimbing manis
Apakah rahasia buah ini sehingga dapat mengusir kolesterol? Ternyata tinggi serat mampu mencegah penyerapan lemak sampai dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Serat tinggi juga memfasilitasi pencernaan. Sedangkan vitamin C tinggi baik untuk yang antikanker.
Bahan: 2 ukuran besar buah belimbing manis
Cara menggunakan: buah belimbing dimakan setelah sarapan dan makan malam, masing-masing bagian 1.

6. Tempe
Bahan: 100 g tempe
Cara menggunakan: tempe potong potongan menurut secukupnya, kemudian direbus, dikukus, atau dibacem. Tempe dijadikan lauk pauk dan dimakan dengan nasi.

7. Kunyit
Kunir/Curcumae domesticae Nama latin dengan rhizoma, tanaman juga membantu pelancaran darah dan energi, menghilangkan penyumbatan saluran darah, melancarkan menstruasi, kemudahan melahirkan, antibakteri, serta memfasilitasi pengeluaran empedu ke dalam usus.
Bahan: 10 gram kunyit rimpang
Cara menggunakan kunyit rimpang: dibersihkan, kemudian iris tipis. Mendidih 2 cangkir air ke 1 cangkir tersisa. Setelah dingin, disaring air dan minum sekaligus. Melakukan hal ini 3 kali sehari, selama 12 minggu.

8. Labu siam
Bahan: 1 buah labu siam menengah
Cara menggunakan labu: buah dikupas, potong kecil dan diparut atau dijus, peras airnya dan disaring. Air hasil perasan diminum sekaligus.

9. Kacang tanah
Bahan: 1 kacang genggam daun
Cara menggunakan: daun akan dibersihkan, dan kemudian iris halus. Masukkan irisan daun ke dalam gelas, dan diseduh dengan secangkir air panas. Biarkan selama 40 menit, dan kemudian disaring. Minum air sebagai hangat dan perut kosong.

10. Seledri
Seledri (Apii graveolentis radix), akar berisi Asparagin,, pentosan, glutamin, tirosin, manit, zat Pati, lendir, dan minyak esensial. Yang memacu enzim pencernaan dan peluruh kencing.
Bahan: 30 gram akar seledri segar
Cara menggunakan: akar seledri dicuci bersih, dan kemudian direbus dengan 2 cangkir air hingga 1 cangkir tersisa. Setelah dingin, disaring air dan kemudian minum sekaligus. Selain itu, hal ini juga cukup baik sebagai detoks untuk tubuh anda.

11. Sambiloto
Bahan: kering herbal sambiloto 20 gram
Cara menggunakan: direbus dengan sisa 3 cangkir untuk 1 cangkir. Setelah dingin, disaring air, kemudian minum sekaligus. Lakukan setiap hari.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Masker Madu

Semua resep dan cara penggunaan di atas telah terbukti menurunkan kadar kolesterol dan hipertensi. Semoga pembahasan artikel kali ini menambah pengetahuan anda dalam menurunkan kadar kolesterol. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: