6 Obat Alami Asma

asma, obat alami, obat asma, obat asma alami, obat herbal, obat tradisional, obat alami asma

Asma adalah suatu penyakit kronik saluran pernafasan menyebabkan seseorang sulit bernafas. Adanya inflamasi atau pembengkakan pada saluran nafas menyebabkan adanya penyempitan saluran nafas yang membawa oksigen ke paru-paru. Sehingga gejala asma yang nampak berupa batuk, mengi/nafas yang disertai bunyi (wheezing), nafas pendek, dan sesak di dada.

Kejadian asma di kota-kota besar semakin meningkat seiring dengan meningkatnya polusi. Debu/asap merupakan salah satu pemicu asma. Asma dapat dialami pada usia berapapun, meskipun umumnya dialami pada usia muda (kurang dari 40 tahun). Seseorang yang memiliki riwayat keluarga asma memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami asma.

Asma yang kambuh akan sangat mengganggu bagi seseorang yang memiliki asma. Perlu penanganan secepatnya apabila terjadi hal ini. Namun, kekambuhan asma dapat dicegah dengan mengonsumsi ramuan berikut. Berikut adalah 6 obat alami asma:

1. Jahe merah
Jahe merah ternyata dapat digunakan untuk mengobati asma. Pengalaman Asmalia Sulastri (35) menggunakan jahe merah sebagai asma alami. Caranya pun cukup sederhana. Jahe merah seukuran ibu jari tangan dimemarkan, kemudian direbus dengan 1,5 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Ramuan ini langsung diminum sekaligus dan diminum setiap hari. Menurut DR Suwijoyo Pramono, Dosen Fakultas Farmasi UGM, jahe berpotensi mengobati asma karena kemampuannya sebagai antihistamin.

2. Akar putri malu
Sebanyak 30 gram akar putri malu dicuci. Siapkan 400 cc air dan gunakan untuk merebus akar putri malu. Rebuslah hingga air tersisa 200 cc. Minumlah 2x sehari airnya selagi hangat.

3. Bunga melati
Siapkan 15 gram bunga melati dan rebus dengan 400 cc air. Bunga melati direbus hingga air tersisa 200 cc. Minumlah airnya 2x sehari selagi hangat.

4. Bunga melati + jahe
Siapkan 15 gram bunga melati dan 15 gram jahe untuk direbus dengan 600 cc air. Rebus hingga air tersisa 300 cc. Minumlah airnya 2x sehari masing-masing 1/2 gelas.

5. Bawang putih
Siapkan 3 siung bawang putih dan dihaluskan. Tambahkan 1 sdm madu dan gula batu secukupnya. Aduk merata dan peraslah ramuan tersebut. Sebelum diminum sebaiknya disaring. Minumlah setiap pagi hingga sembuh.

6. Daun kecubung
Siapkan 10 lembar daun kecubung dan diiris-iris. Jemurlah irisan daun hingga kering. Gunakan daun kecubung yang telah kering untuk merokok. Daun kecubung sebaiknya tidak dimakan karena dapat menyebabkan midriasis (mata melotot). Penggunaan daun kecubung untuk dihisap asapnya ini hanya dibatasi 1 batang saja karena kandungan alkaloidnya yang keras.

Baca juga: Pemanfaatan Madu sebagai Obat Alami

Itulah 6 jenis tanaman herbal yang berkhasiat sebagai obat alami untuk penyakit asma. Semoga bisa menjadi referensi anda dalam mengobati penyakit asma secara alami. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: