8 Manfaat Jinten Hitam bagi Kesehatan dan Pengobatan

jintan hitam, jinten hitam, pilek, demam, sakit tenggorokan, sembelit, insomnia, meningkatkan produksi ASI, jintan hitam untuk ibu hamil menyusui, jintan hitam untuk kecantikan, manfaat jinten hitam untuk kecantikan, manfaat jinten hitam, bubuk jinten untuk diet, bubuk jinten

Berikut merupakan beberapa manfaat jinten hitam bagi kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit:
 
1. Manfaat jintan hitam sebagai sumber zat besi
Jinten merupakan sumber zat besi yang berguna dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan menghasilkan energi serta menjaga metabolisme. Anak-anak, remaja, wanita yang akan melalui siklus menstrual dan wanita yang sedang hamil atau menyusui perlu mengkonsumsi lebih banyak zat besi dan jinten merupakan sumber yang baik untuk memperoleh zat besi.
 
2. Manfaat jintan hitam untuk meredakan pilek, demam dan sakit tenggorokan
Jinten tinggi vitamin C dan anti-jamur yang membuat anda terhindar dari rasa dingin jika mengkonsumsinya secara teratur. Membuat obat penghangat anda sendiri dengan mencampur satu sendok teh bubuk jinten dalam air mendidih dan biarkan mendidih selama beberapa menit. Diamkan dulu hingga dingin sebelum diminum. Untuk sakit tenggorokan, tambahkan beberapa jahe bersama dengan jinten.
 
3. Manfaat jintan hitam untuk membantu pencernaan dan meredakan sembelit
Jinten terkenal bermanfaat untuk sistem pencernaan dan ilmuwan mengatakan bahwa jinten dalam pencernaan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan karena enzim yang ditemukan dalam jinten memberikan bantuan istirahat saat makanan turun. Serat yang terdapat pada jinten dapat membantu menyingkirkan tumpukan makanan apabila dikonsumsi setiap hari. Sifat anti-jamur jinten akan membatnu untuk membersihkan saluran pencernaan.
 
4. Manfaat jintan hitam untuk mencegah kanker
Sebagian ilmuwan melakukan penelitian lebih lanjut tentang jinten, mereka menemukan bahwa jinten mengandung anti-karsinogenik yang merupakan kunci untuk mencegah kanker. Jinten merupakan bahan yang baik untuk membantu detoksifikasi tubuh, menjaga bagian dalam anda bersih dan sehat.
 
5. Manfaat jintan hitam untuk insomnia
Jinten dapat membantu anda mengurangi insomnia dengan mencampur satu sendok teh bubuk jinten dengan satu pisang yang dihaluskan dan dimakan sebelum tidur.
 
6. Manfaat jintan hitam untuk meningkatkan produksi ASI
Jinten sangat dibutuhkan oleh ibu hamil menyusui, bisa ditambahkan dengan susu dan madu kemudian dikonsumsi secara teratur. Hal ini dapat membantu meningkatkan pasokan air susu.
 
7. Manfaat jintan hitam untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit
Vitamin yang ditemukan di jinten, baik vitamin C dan E, sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit sehingga tampak lebih muda. Minyak esensial jinten juga menjaga infeksi dari jamur dan mikroba.
 
8. Manfaat jintan hitam untuk memasak
Penggunaan seluruh biji jinten dengan menghaluskannya akan menghilangkan rasa lebih cepat dari biji utuh. Penyimpanan biji utuh akan tetap baik selama setahun di tempat yang sejuk dan gelap, sedangkan untuk bubuk harus digunakan dalam waktu enam bulan. Untuk meningkatkan rasa, anda dapat memanggang biji jinten sebelum menggunakannya. Rebus beberapa biji jinten dalam air selama delapan sampai sepuluh menit untuk menghasilkan teh yang menenangkan. Tumis sayuran dan aduk dengan bubuk jinten untuk hidangan vegetarian yang lezat, taburkan beras dan kacang untuk memberikan rasa tambahan. Dalam budaya Timur jinten dicampur dengan lada hitam dan madu sebagai afrodisiak, tetapi kombinasi ini juga lezat jika diletakkan pada ikan, ayam dan sayuran.

Baca juga: Mengenal Allopurinol

Demikianlah pembahasan tentang manfaat jinten hitam bagi kesehatan. Semoga artikel ini memberikan wawasan tentang sumber daya obat herbal yang ada di sekitar kita. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: