Inilah 7 Manfaat Bayam yang Harus Kamu Ketahui

anemia, asamfolat, asamoksalat, asma, bayam, darah tinggi, jantung, kalium, kolesterol, magnesium, manfaat bayam, perkembangan otak, potasium, sembelit, serat, stroke, zatbesi, kandungan bayam

Bayam adalah sayur yang banyak ditemui dalam makanan sehari-hari kita. Namun, tidak semua orang mau memakan bayam (sayang sekali ya). Ada baiknya kita mengetahui dulu manfaat bayam, semoga menyadarkan kamu-kamu yang tidak suka makan sayur, terutama sayur bayam.

Bayam banyak sekali jenisnya. Namun, dari sekian banyak jenisnya, bayam dapat dibedakan menjadi bayam liar dan bayam budidaya. Bayam liar dibedakan lagi menjadi bayam tanah dan bayam berduri. Bayam liar mempunyai ciri khas, yaitu batangnya yang berwarna merah dan daunnya kaku. Bayam budidaya dibedakan menjadi dua macam, yaitu bayam cabut dan bayam putih. Bayam budidaya mempunyai ciri khas yang berbeda dengan bayam liar.

Kandungan bayam
Bayam mengandung banyak zat gizi. Menurut Dr. Seno Sastroamidjojo, dalam 100 gram bayam mengandung tenaga sebesar 21 Kkal, 92,9 gram air, 2,1 gram protein, 0,2 gram lemak, 2,7 gram karbohidrat, 0,7 gram serabut, 1,4 gram abu, 90 mg kalsium, 29 mg fosfor, 3,8 mg zat besi, 131 mg natrium, 385 mg kalium, 4080 ug betakaroten, 0,08 mg vitamin B1, 0,15 vitamin B2, 0,7 mg niacin, 76,7 mg vitamin C, magnesium, asam folat, dan asam oksalat. Karena banyaknya kandungan gizi bayam, bayam sering disebut sebagai Rajanya Sayuran atau King of Vegetables.

Manfaat bayam
Kandungan zat gizi bayam yang cukup beragam, membuat bayam memiliki banyak manfaat. Manfaat bayam antara lain:
  1. Asam oksalat dan asam folat dalam bayam dapat membantu dalam menurunkan kolesterol, mengobati asma, mencegah sakit gusi, mengobati eksim, perawatan kulit muka, kulit kepala, dan rambut.
  2. Zat besi dalam bayam dapat membantu dalam mencegah anemia karena kekurangan zat besi. Zat besi membantu mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh sehingga membantu tubuh untuk beraktivitas secara optimal.
  3. Serat dalam bayam dapat digunakan untuk mengatasi sembelit, penyakit jantung, stroke, penyakit yang terkait dengan tekanan darah dan pembuluh darah.
  4. Kandungan protein dalam bayam bagus untuk pembentukan dan perkembangan otak.
  5. Vitamin C dalam bayam dapat membantu menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.
  6. Magnesium dalam bayam mempunyai fungsi penting pada sistim kerja jantung, pencernaan, saraf, otot, ginjal, hati, dan otak. Peran magnesium penting untuk memproduksi energi, pencernaan yang sehat, dan kesehatan saraf serta otot. Bila tubuh kekurangan magnesium, tubuh akan melemah karena produksi energi kita berkurang. Kekurangan magnesium dapat dikenali dengan gejala berikut, antara lain ketidakseimbangan gula darah, lemah otot, kram otot, kejang otot, depresi, tubuh tegang, kelelahan, sulit tidur, kekurangan energi, kebingungan, dan kehilangan nafsu makan.
  7. Potasium atau kalium dalam bayam berperan dalam menjaga fungsi otot dan saraf. Kekurangan potasium dapat ditandai dengan melemahnya otot, kebingungan, dan kelelahan.

Wah.. banyak kan manfaat bayam ini. Walupun terlihat begitu saja dan murah, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh. Buat kamu yang tidak suka bayam, apa kamu tidak menyesal nih melewatkan semua manfaat yang ada pada sayur bayam? Ingat, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, Right?

Baca juga: Oh No, Terlalu Banyak Tidur Membahayakan Jantung!

Namun, dibalik semua kelebihan itu, bayam juga mempunyai kelemahan. Bayam mengandung senyawa purin yang cukup tinggi. Sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat dan rematik. Kandungan purin yang tinggi ini dapat meningkatkan kadar asam urat ketika dikonsumsi sehingga menimbulkan rasa ngilu yang berlebihan.

Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: