Manfaat Coklat untuk Kesehatan

dark chocolate, coklat, diabetes, hipertensi, jantung, kakao, serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi

Hampir setiap orang menyukai coklat. Coklat yang terbuat dari biji kakao ini menurut beberapa penelitian, bermanfaat untuk kesehatan. Namun, sejauh ini coklat belum mendapatkan status sebagai makanan yang cukup menyehatkan.


Coklat dan kandungan utamanya, kakao, menunjukkan adanya manfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Flavanol dalam biji kakao memiliki aktivitas sebagai antioksidan yang mengurangi kerusakan sel pada penyakit jantung. Flavanol, yang banyak terdapat dalam coklat murni daripada coklat susu atau coklat putih, juga membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.


Selain itu, beberapa penelitian telah mengaitkan konsumsi coklat dengan penurunan risiko diabetes, stroke, dan serangan jantung. Namun, bukti ilmiah tentang manfaat coklat sebagian besar dari penelitian jangka pendek dan tidak terkontrol. Sehingga, penelitian lebih lanjut sangat diperlukan.

Jika anda ingin menambahkan coklat dalam menu makanan anda, maka makanlah coklat dalam porsi sedang. Kenapa? Karena kebanyakan coklat di pasaran ditambah lemak, gula, dan kalori. Dan terlalu banyak mengkonsumsi coklat dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan. Karena berat badan berlebih merupakan salah satu faktor risiko peningkatan tekanan darah, penyakit jantung, dan diabetes.

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Bayam yang Harus Kamu Ketahui

Oleh karena itu, pilihlah coklat murni/dark chocolate dengan kandungan kakao sebanyak 65% atau lebih. Dan batasi konsumsi coklat anda tidak lebih dari 85 gram per hari. Jumlah ini adalah hasil dari beberapa studi yang menunjukkan manfaat coklat untuk kesehatan.

Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: