Oh No, Terlalu Banyak Tidur Membahayakan Jantung!

tidur terlalu banyak, angina, bahaya terlalu banyak tidur, bahaya tidur berlebihan, jantung, stroke, terlalu banyak tidur, tidur, tidur berlebihan

Rohit R. Arora, MD, FACC, ketua kardiologi dan Profesor Fakultas Kedokteran, The Chicago Medical School dan timnya menemukan bahwa orang dewasa yang tidur kurang dari 8 jam di malam hari secara signifikan berisiko lebih besar mengalami stroke, serangan jantung, dan gagal jantung kongestif.

Bahkan mereka yang tidur lebih dari 8 jam pada malam hari memiliki prevalensi yang tinggi mengalami masalah pada jantung, berupa nyeri dada (angina), atau penyakit jantung koroner, yaitu penyempitan pembuluh darah yang menyuplai oksigen dan darah ke jantung.


Para peneliti secara retrospektif meneliti 3.019 pasien yang berusia lebih dari 45 tahun yang berpartisipasi dalam National Health & Nation Examination Survey (NHANES). Analisis menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur berisiko 2 kali lebih besar mengalami stroke atau serangan jantung dan 1,6 kali lebih besar mengalami gagal jantung kongestif.

Sementara orang yang tidur lebih dari 8 jam pada malam hari berisiko 2 kali lebih besar mengalami angina dan 1,1 kali lebih besar mengalami penyakit jantung koroner. Berdasarkan penemuan ini, tidur 6-8 jam setiap hari berkemungkinan mengurangi risiko penyakit jantung, kata Arora.

Kurangnya tidur sebelumnya juga dikaitkan dengan hiperaktivitas sistem saraf simpatis, intoleransi glukosa, diabetes, peningkatan kadar kortison, peningkatan tekanan darah, penurunan denyut jantung, yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Namun, penyebab masalah jantung pada orang yang tidur lebih dari 8 jam pada malam hari belum diketahui secara pasti dan perlu penelitian lebih lanjut.

Baca juga: Diabetes: Jangan Lupa untuk Tertawa

Hasil penelitian ini juga merekomendasikan perlunya pengaturan pola tidur yang baik pada pasien yang berisiko mengalami masalah dengan jantung. Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: