Pentingnya Menghabiskan Antibiotik

antibiotik, pentingnya menghabiskan antibiotik, resistensi antibiotik, alergi antibiotik, berapa lama antibiotik digunakan, Mengapa antibiotik harus dihabiskan, membasmi kuman

Antibiotik adalah obat yang dapat membunuh kuman atau bakteri. Antibiotik tidak akan mempan melawan virus. Oleh karena itu, obat yang digunakan untuk membunuh virus disebut dengan antiviral. Apa sih pentingnya menghabiskan antibiotik?

Kalau tubuh kamu bisa bicara, mungkin akan mengatakan, Hei kamu, habiskan antibiotikmu atau kuman akan semakin kuat!. Kuman dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan, saluran pernafasan, luka yang terbuka, dsb.

Kuman yang berhasil masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan infeksi. Infeksi sering ditandai dengan gejala berupa demam, sakit, dan peradangan atau pembengkakan serta memerah di tempat infeksi.

Berapa lama antibiotik digunakan?
Umumnya dokter akan meresepkan antibiotik untuk 3-7 hari, tergantung tingkat keparahan dan macam infeksinya.

Mengapa antibiotik harus dihabiskan?
Antibiotik harus dihabiskan sesuai jangka waktu yang diresepkan agar pembasmian kuman lebih optimal. Bila antibiotik tidak dihabiskan, kemungkinan kuman yang terbunuh adalah kuman yang lemah.

Sedangkan kuman yang kuat tetap hidup dan merekam informasi yang ada pada antibiotik untuk pertahanan mereka selanjutnya agar lebih kebal melawan antibiotik tersebut. Kuman-kuman yang kebal dengan antibiotik ini disebut dengan kuman yang resisten antibiotik.

Saat penyakit yang sama kembali menyambangi tubuh dan diberi antibiotik yang sama, kuman sudah lebih siap dengan pertahanannya. Akibatnya, antibiotik tersebut tidak mempan. Bila suatu antibiotik sudah tidak dapat membunuh kuman, dokter akan meresepkan antibiotik lain yang lebih kuat kemampuannya sehingga bakteri tersebut mati.

Namun, antibiotik yang kemampuannya lebih kuat umumnya diiringi juga dengan efek samping obat yang lebih tinggi dan berisiko untuk tubuh. Selain itu, umumnya antibiotik yang lebih kuat juga memiliki harga yang lebih mahal. Itulah mengapa penting menghabiskan antibiotik.

Alergi antibiotik
Selain perlu menghabiskan antibiotik, hal lain yang perlu diperhatikan adalah apabila anda mempunyai alergi terhadap antibiotik. Ada beberapa antibiotik yang dapat memicu alergi, antara lain golongan sulfa dan penisilin. Reaksi alergi yang muncul bisa berupa gatal-gatal, bengkak, bahkan pingsan.

Bila anda baru pertama kali menggunakan suatu obat dan setelah itu terjadi reaksi alergi, maka kemungkinan anda alergi terhadap obat tersebut. Oleh karena itu, perlu disampaikan pada dokter apabila anda memiliki alergi terhadap obat tertentu sehingga dokter akan memilihkan obat lain untuk anda.

Baca juga: Apa itu Amoksisilin?

Pastikan anda tahu obat apa saja yang sedang anda minum, apakah termasuk antibiotik atau tidak. Tanyakan pada dokter atau apoteker bila anda membutuhkan informasi tentang obat. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: