Produk Susu Rendah Lemak Menurunkan Risiko Stroke

jantung, stroke, susu rendah lemak, vitamin d

Berdasarkan studi Swedia yang diterbitkan di Journal Stroke, usia dewasa memiliki kemungkinan untuk dapat menurunkan risiko stroke dengan mengonsumsi produk susu rendah lemak. Para peneliti yang mengamati diet/pola makan 75.000 pria dan wanita selama 10 tahun, menemukan bahwa mereka yang memilih makanan dan minuman susu rendah lemak menurunkan risiko stroke sebesar 12% dibandingkan mereka yang memiliki pola makan yang lebih buruk.


Susanna Larrson, PhD., profesor epidemiologi gizi di Karolinska Institutet, Stockholm mengatakan bahwa penjelasan yang paling masuk akal adalah makanan susu rendah lemak dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi adalah faktor risiko yang kuat untuk stroke.

Larsson juga mengatakan bahwa satu mekanisme potensial makanan susu rendah lemak menurunkan risiko stroke adalah melalui vitamin D. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang adekuat dapat membantu mencegah perkembangan tekanan darah tinggi. Larsson mengatakan bahwa produk susu tanpa lemak, seperti skim milk memiliki sifat menurunkan risiko stroke selama diperkaya dengan vitamin D.

Ahli saraf, Wayne Clark, MD, direktur Oregon Stroke Center di Oregon Health &  Science University, Portland mengatakan bahwa kalsium dalam produk susu dapat menurunkan tekanan darah dan direkomendasikan untuk mengonsumsi 2-3x penyajian per hari. Namun, ini hanya salah satu cara untuk mencegah stroke.

Baca juga: 8 Manfaat Kesehatan Daun Salam

Clark mengatakan bahwa memiliki pola makan yang sehat, berhenti merokok, dan memperbanyak olahraga dapat menurunkan risiko stroke hingga 50%. Tiga hal tersebut dapat membantu mengontrol kesehatan anda. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: