6 Buah yang Dianjurkan untuk Mencegah Penyakit Hipertensi

hipertensi, penyakit hipertensi, cara mencegah hipertensi, cara mencegah penyakit hipertensi, cara mengatasi hipertensi, pencegahan hipertensi secara sederhana, buah penurun darah tinggi atau hipertensi, obat herbal hipertensi, buah penurun hipertensi

Hipertensi (tekanan darah tinggi) merupakan gangguan kesehatan yang banyak di jumpai di kehidupan kita. Banyak masyarakat yang menderita penyakit ini. Untuk itu, pola makan yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi dan mengontrol penyakit ini agar tidak menjadi parah. Menjaga pola makan ini adalah dengan menghindari pantangan dan mengkonsumsi makanan yang baik untuk membantu mengendalikan hipertensi ini. Lalu apa saja makanan yang baik untuk penderita hipertensi?

Kita akan membahas buah-buahan yang baik untuk di konsumsi secara rutin untuk mencegah penyakit hipertensi. Di HerbalTanamanObat.com telah dirangkum dari berbagai informasi untuk memudahkan anda menemukan 6 buah yang dianjurkan untuk penderita hipertensi. Adapun buah-buahan yang baik untuk di konsumsi secara rutin oleh penderita hipertensi adalah sebagai berikut :

1. Buah belimbing
Dari beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan ahli diperoleh hasil bahwa buah belimbing selain mengandung nutrisi yang lengkap juga mengandung sejumlah senyawa aktif yang bermanfaat untuk kesehatan. Senyawa aktif ini antara lain adalah karotenoid yang merupakan zat warna dalam belimbing, dan senyawa lainnya dalam golongan flavonoid seperti poliphenoloxidase, proantocianidin, epikatekin, kuersetin, dan rutin yang berfungsi sebagai anti-oksidan.

Sebagai penurun tekanan darah diuji pada penderita hipertensi dan hasilnya menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus belimbing dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, pengujian efek anti-oksidan membuktikan bahwa kandungan dalam buah belimbing ternyata memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas setara dengan pemberian vitamin C. Jus belimbing juga telah teruji, dan ternyata memiliki aktivitas sebagai anti-bakteri. Hal ini menunjukkan bahwa buah belimbing sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

2. Buah mentimun/ketimun
Buah mentimun yang sering dijadikan sayur ataupun lalapan, ternyata baik juga untuk di konsumsi secara rutin oleh penderita hipertensi. Buah mentimun sudah dikenal ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi dalam tempo yang singkat. Dianjurkan untu mengkonsumsi jus mentimun 2 kali sehari secara teratur.

3. Buah pisang
Buah pisang ternyata sangat baik untuk di konsumsi secara rutin oleh penderita hipertensi. Hal ini disebabkan karena buah pisang mengandung kalium yang sangat tinggi. Kandungan kalium dalam buah pisang ini ternyata berkhasiat untuk menstabilkan tekanan darah. Buah pisang yang mudah kita temukan, tentu menjadi pilihan yang baik untuk membantu mencegah hipertensi dalam tubuh kita.

4. Buah semangka
Buah semangka yang sangat popular dan mudah kita temukan di kehidupan kita sehari hari ternyata tidak hanya menyegarkan karena kandungan airnya, tetapi juga berkhasiat membantu mencegah dan mengendalikan tekanan darah. Buah semangka memiliki kandungan nutrisi, seperti serat, lycopene, vitamin A dan kalium yang tinggi. Penelitian dari Universitas di Amerika menunjukkan bahwa asam amino yang terkandung dalam buah semangka, yang disebut L-citrulline atau L-arganine, berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah.

Dalam penelitian ini, tim peneliti merekrut beberapa orang dengan pre-hipertensi dan meminta mereka mengonsumsi 6 gram asam amino L-citrulline atau L-arganine setiap hari selama enam minggu. Hasilnya peneliti menemukan bahwa tekanan darah para pasien ini mengalami penurunan tekanan darah.

5. Buah naga
Buah naga yang aslinya berasal dari Amerika Tengah ini kini semakin populer sebagai salah satu obat herbal hipertensi, termasuk di Indonesia. Sebuah penelitian universitas terkemuka di Indonesia menyatakan bahwa buah naga berkhasiat membantu dalam proses penyembuhan penyakit hipertensi. Penyebabnya adalah karena buah naga ternyata memiliki kandungan vitamin C, antioksidan flavonoid dan magnesium yang banyak. Kandungan ini ternyata terbukti memiliki khasiat untuk melenturkan arteri pembuluh darah sehingga menjadi lebih rileks dan membuat tekanan darah menurun. Hal ini membuat buah naga menjadi buah yang baik untuk di konsumsi untuk penderita hipertensi.

Selain itu berkhasiat menurunkan tekanan darah, buah naga juga memiliki khasiat lain untuk mengobati berbagai macam penyakit. Antara lain penyakit kanker dan diabetes.

6. Buah alpukat
Buah alpukat ternyata memiliki kandungan zat asam oleat yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Selain itu, buah alpukat juga mengandung potasium dan folat, yang keduanya sangatlah penting bagi kesehatan jantung.

Baca juga: 6 Cara dan Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan maupun Kecantikan

Itulah 6 jenis buah yang disarankan bagi pembaca untuk dikonsumsi secara rutin untuk mencegah dan mengobati hipertensi/tekanan darah tinggi. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: