6 Cara dan Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan maupun Kecantikan

buah alpukat, alpukat, es alpukat, manfaat buah alpukat, khasiat buah alpukat, manfaat buah alpukat untuk wajah, manfaat buah alpukat untuk kecantikan, manfaat buah alpukat dan cara mengolahnya

Tanaman herbal buah alpukat sebagai obat herbal untuk kesehatan manusia
Di Indonesia, buah alpukat sangat popular sebagai buah yang memiliki cita rasa yang lezat dan mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh manusia. Selain itu, buah apukat juga dipercaya berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol. Buah alpukat kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Buah alpukat biasanya dijadikan jadi minuman es alpukat, jus atau dimakan begitu saja dicampur dengan gula putih atau madu.

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah alpukat diantaranya adalah 11 vitamin dan 14 mineral yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Selain itu, buah alpukat juga kaya akan protein, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), potasium (kalium), dan vitamin C. Kandungan gizi lainnya dari buah alpukat adalah asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan menjadi nutrisi untuk otak.

Selain buah alpukat, biji dan daunnya juga sering digunakan sebagai bahan obat herbal. Seperti untuk mengobati penyakit kencing batu, darah tinggi, sakit kepada dan penyakit diabetes. Dibawah ini kita akan bahas satu per satu manfaat buah alpukat bagi kesehatan dengan lebih detail. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut :


1. Mengobati sariawan
Untuk mengobati gangguan sariawan, ambil satu buah alpukat yang sudah masak dan diambil daging buahnya. Lalu kemudian dicampur dengan 2 sendok makan madu murni, dan diaduk hingga merata, lalu dimakan. Proses pengobatan yang juga lezat ini dilakukan setiap hari sampai gangguan sariawan tersebut sembuh. Tentunya enak juga bukan, mengobati penyakit sariawan sambil menikmati nikmatnya buah alpukat.

2. Mengatasi kulit wajah kering
Selain baik untuk mengobati sariawan, daging buah alpukat juga sudah terbukti baik untuk kecantikan sebagai masker untuk mengatasi masalah kulit wajah kering. Caranya adalah dengan memanfaatkan daging buah alpukat yang sudah matang dan dilumatkan sampai seperti bubur. Kemudian adonan daging buah alpukat tersebut digunakan sebagai masker yang dioleskan ke wajah yang kering. Masker ini di biarkan di wajah sampai kurang lebih dua jam. Setelah itu baru basuh wajah dengan air dingin. Dan hasilnya, kulit kita lebih lembab dan tidak kering lagi.

3. Sakit gigi berlubang
Selain dagingnya, biji buah alpukat ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi gigi berlubang. Caranya adalah dengan mengambil satu biji alpukat, lalu ditumbuk hingga halus. Cara menggunakannya masukkan sedikit bubuk biji alpukat tersebut ke dalam gigi yang berlubang. Atau bisa juga menggunakan kapas dan dicolokkan ke dalam gigi yang berlubang. Ini akan membantu mengatasi rasa sakit pada gigi berlubang

4. Bengkak karena peradangan
Biji buah alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah bengkak karena peradangan. Cara membuatnya adalah biji buah alpukat dikeringkan, kemudian ditumbuk hingga halus. Aduk bubuk biji alpukat secukupnya, kemudian ditambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Lalu oleskan bubur biji alpukat tadi pada bagian tubuh yang bengkak/sakit..

5. Kencing manis
Biji buah alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan kesehatan berupa kencing manis. Caranya adalah mengambil biji alpukat lalu dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil dengan pisau. Kemudian potongan kecil ini direbus dengan air bersih sampai airnya menjadi coklat. Selanjutnya di saring, dan minumlah airnya setelah dingin.

6. Rambut berkilau
Selain untuk kesehatan organ dalam tubuh, buah alpukat juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat rambut anda sehat berkilau. Caranya adalah dengan memanfaatkan daging buah alpukat yang sudah matang dan haluskan. Kemudian dicampur dengan yoghurt, satu sendok teh minyak jojoba, sebutir telur, dan setengah sendok teh minyak rosemary. Selanjutnya dijadikan masker untuk rambut anda. Biarkan masker tersebut ada di rambut anda lebih kurang 20-30 menit, kemudian bilas dengan shampoo. Pemakaian secara teratur akan membantu merawat rambut anda agar sehat dan berkilau.

Baca juga: 6 Cara, Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu bagi Kesehatan
 
Itulah beberapa manfaat dari buah alpukat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan pembaca sekalian. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: