6 Cara, Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu bagi Kesehatan

mengkudu dan manfaatnya, manfaat mengkudu bagi kesehatan, khasiat mengkudu bagi kesehatan, buah mengkudu dan khasiatnya, mengkudu, manfaat dan khasiat dari buah mengkudu, manfaat buah mengkudu, buah mengkudu

Buah mengkudu adalah buah yang cukup unik karena baunya yang sangat tidak sedap namun memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Buah mengkudu memiliki nama lain yaitu Pace. Nama latin dari buah mengkudu ini adalah Morinda citrifolia dan termasuk dalam family Rubiaceae.

Buah mengkudu yang bagus digunakan untuk kesehatan adalah buah mengkudu yang sudah matang di pohon, yang biasanya berwarna kekuningan. Buah mengkudu yang matang ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit secara alami. Hal ini karena dalam buah mengkudu terdapat berbagai macam zat diantaranya morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol.

Manfaat dan khasiat buah mengkudu bagi kesehatan dalam mengobati berbagai macam penyakit akan dijabarkan di bawah ini beserta resep dan cara pembuatannya.

1. Mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi)
Ramuan buah mengkudu bisa digunakan untuk mengatasi penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi). Cara membuat ramuannya adalah menyediakan 2 buah mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu. Buah mengkudu tersebut diperas dan diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu. Ramuan ini dikonsumsi dua hari sekali.

2. Mengobati batuk
Selain untuk hipertensi, buah mengkudu juga bisa mengatasi masalah batuk. Cara membuat ramuannya adalah menyediakan 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air hingga yang tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

3. Obat sakit perut
Masalah sakit perut juga bisa diatasi dengan ramuan buah mengkudu. Jika anggota keluarga anda menderita sakit perut, cukup dengan 2-3 lembar daun mengkudu untuk mengobatinya. Caranya sangat mudah, setelah daun mengkudu dicuci bersih, kemudian tumbuk sampai halus, tambahkan garam dan seduh dengan air panas. Setelah dingin, airnya disaring kemudian diminum.

4. Mengobati sakit kuning
Penyakit kuning juga bisa diatasi dengan ramuan mengkudu. Bahan yang diperlukan hanyalah 2 buah mengkudu yang masak di pohon dan 1 potong gula cristal (gula batu). Cara meramunya juga sangatlah mudah, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian campur dengan madu secukupnya, aduk  sampai merata. Saring airnya, diminum dan konsumsi 2 hari sekali.

5. Demam, masuk angin dan influenza
Untuk penyakit ini, Bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Rebus kedua bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga tertinggal 1 gelas. Kemudian dinginkan, airnya disaring dan ramuan tersebut diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore hari.

6. Mengatasi kulit bersisik
Selain untuk kesehatan tubuh, buah mengkudu juga bisa digunakan untuk kecantikan, yaitu menghaluskan kulit. Caranya, bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan diamkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

Baca juga: 6 Manfaat dan Khasiat Tanaman Sereh/Serai untuk Kesehatan
 
Itu adalah beberapa cara, manfaat dan khasiat dari buah mengkudu bagi kesehatan manusia. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca semua. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: