6 Cara, Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak sebagai Obat Herbal Tradisional

daun sirsak, daun sirsak untuk kanker serviks, daun sirsak obat kanker, daun sirsak untuk kanker, khasiat daun sirsak untuk kanker, daun sirsak manfaat, daun sirsak untuk asam urat, manfaat dan khasiat daun sirsak

Daun Sirsak belakangan ini semakin popular dalam dunia kesehatan terutama dalam kaitan obat herbal tradisional. Hal ini dikarenakan banyaknya manfaat dari daun sirsak ini bagi kesehatan tubuh manusia.

Banyak sekali kita dengar masyarakat Indonesia yang memanfaatkan daun sirsak sebagai bahan obat herbal tradisional untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Pada artikel ini kita akan membahas apa yang menjadi manfaat dan khasiat daun sirsak sebagai obat herbal tradisional.

Daun sirsak sudah lama dikenal sebagai obat herbal tradisional anti penyakit kanker secara alami. Hal ini disebabkan kandungan zat yang terdapat pada daun sirsak ini sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain daunnya, buah sirsak juga mengandung senyawa  annocatacin, annocatalin, annomuricin, acetogenins anomurine, anonol, annohexocin, annonacin, caclourine, gigantetronin, gentisic acid, linoleic acid, muricapentocin yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh manusia.

Setidaknya terdapat 6 manfaat dan khasiat daun sirsak sebagai obat herbal tradisional yang sudah digunakan oleh masyarakat luas. Lalu apa saja penyakit yang bisa dicegah dan diobati secara alami dengan memanfaatkan daun sirsak? Daftar berikut dibawah ini adalah penyakit dan gangguan kesehatan yang bisa diobati dan dicegah dengan menggunakan daun sirsak sebagai bahan obat tradisional.

Daun sirsak sebagai obat herbal tradisional:

1. Mengobati kanker
Daun sirsak dipercaya memiliki khasiat yang setara dengan 100 kali kemoterapi untuk melawan segala jenis penyakit kanker, termasuk kanker serviks. Bagaimana cara untuk membuatnya?


Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun yang sudah cukup tua sirsak dalam 3 gelas air. Tunggu sampai air 3 gelas rebusan tersebut menyusut sampai 1 gelas. Minumlah air rebusan daun sirsak ini 2 kali setiap hari selama 2 minggu. Daun sirsak ini dapat digunakan sebagai kemoterapi alami yang cukup efektif karena hanya membunuh sel sel yang tumbuh tidak normal dan membiarkan sel yang tumbuh normal.

2. Obat asma dan sesak napas
Selain untuk anti penyakit kanker alami, daun sirsak juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit asma dan sesak nafas. Untuk mengatasi penyakit asma dan sesak nafas ini kita memanfaatkan daun sirsak yang dijadikan sarang oleh semut rangrang.

Caranya adalah siapkan 7 daun sirsak yang dijadikan sarang oleh semut-semut rangrang. Kemudian remas-rmas daun sirsak tersebut dan tampung air perasannya hingga mencapai kurang lebih setengah gelas. Minumlah air perasan daun sirsak ini setiap pagi sampai penyakit anda sembuh.

3. Mengobati bisul
Selain itu juga, daun sirsak juga dipercaya bisa mengobati penyakit bisul. Untuk mengobati bisul ini, kita memanfaatkan daun sirsak yang masih muda.

Caranya ambil daun sirsak yang masih muda sebanyak 5 sampai 10 helai lalu tempelkan pada bagian yang terkena bisul hingga bisul tersebut mengering.

4. Mengobati batuk ringan
Khasiat lainnya dari daun sirsak adalah sebagai obat tradisonal untuk menyembuhkan batuk ringan.

Caranya untuk menyembuhkan penyakit batuk ringan ini adalah dengam memanfaatkan daur sirsak yang masih muda. Ambil 7 lembar daun sirsak yang masih muda dan remas-remaslah daun tersebut serta tamping airnya. Lalu minumlah air remasan daun sirsak muda ini setiap pagi sebelum anda menyantap makanan apapun.

5. Mengobati sakit pinggang
Daun sirsak juga dipercaya berkhasiat untuk dijadikan obat tradisional herbal untuk mengobati sakit pinggang.

Untuk mengobati sakit pinggang ini, caranya adalah dengan merebus 20 lembar daun sirsak menggunakan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Air hasil rebusan inilah yang harus di minum 1 kali sehari sebanyak ¾ gelas sekali minum.

6. Mengobati eksim, asam urat dan rematik
Daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengobati daun penyakit eksim, asam urat dan rematik.

Caranya sangat mudah, hanya dengan meremukkan beberapa helai daun sirsak sampai halus dan menempelkannya di bagian yang sakit sampai tidak terasa sakit lagi. Biasanya hal ini harus dilakukan hingga beberapa hari.

Baca juga: 10 Manfaat dan Khasiat Buah Naga Merah bagi Kesehatan

Itulah cara, manfaat dan khasiat daun sirsak yang sudah kita bahas diatas. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: