6 Manfaat dan Khasiat Tanaman Sereh/Serai untuk Kesehatan

serai, sereh, serai pengusir nyamuk, sereh wangi, artikel tanaman serai, tanaman sereh, manfaat daun serai, khasiat sereh serai

Tanaman sereh atau biasa juga dikenal dengan nama serai merupakan tanaman yang sangat familiar dan mudah di jumpai dalam kehidupan sehari hari. Hal ini karena sereh sering sekali digunakan sebagai bahan bumbu masakan. Baik ikan arsik, dan masakan lainnya. Namun, tahukah anda bahwa selain digunakan sebagai bumbu masakan, tanaman sereh juga memiliki khasiat untuk kesehatan manusia?

Batang dan daun sereh (serai) memiliki bau seperti lemon karena bagian itu mengandung minyak esensial sehingga serai juga digunakan sebagai pengusir nyamuk. Secara keseluruhan, semua bagian di sereh/serai ini bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat untuk berbagai macam gangguan kesehatan. Khasiat dalam tanaman sereh/serai ini sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit. Bahkan penggunaannya sudah dilakukan secara turun temurun.


Berikut ini adalah 6 manfaat dan khasiat tanaman sereh/serai untuk kesehatan, berikut dengan cara pembuatannya:

1. Membantu memutihkan gigi
Tanaman sereh/serai ternyata bisa digunakan untuk memutihkan gigi yang menguning akibat kebiasaan merokok. Untuk memutihkan gigi ini caranya adalah dengan menumbuk halus dua batang serai yang di potong-potong menjadi bagian kecil dengan menambahkan sedikit arang dapur dan gosokkan pada gigi anda. Lakukan tiga kali seminggu dan lihat hasilnya.

2. Mengatasi masalah masuk angin
Teh sereh, selain wangi ternyata juga mampu mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, perut masuk angin, kejang usus dan diare. Kandungan dalam tanaman sereh/serai bisa membantu mengurangi angin dalam usus dan sekaligus mencegah pembentukan gas secara berlebihan.

3. Sereh/serai sebagai penghilang rasa sakit
Jika anda mengalami sakit gigi, sakit otot dan sendi, kandungan dalam tanaman sereh/serai dapat digunakan untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan meminum teh lemon yang dicampur dengan sereh/serai pasti dapat meringankan sakit anda itu. Kandungan dalam sereh/serai ini bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami.

4. Sereh/serai bermanfaat sebagai penawar racun dalam tubuh
Tanaman sereh/serai ternyata juga memiliki kandungan zat yang bertindak sebagai detoksifikasi atau penawar zat zat yang tidak baik bagi tubuh. Serai dapat membantu anda melancarkan pembuangan air kecil sekaligus membersihkan organ pencernaan, kandung kemih, ginjal hati dan pankreas.

5. Meringankan nyeri pada menstruasi
Masalah nyeri pada saat wanita akan dan sedang menstruasi adalah masalah yang sering sekali terjadi. Ternyata tanaman sereh/serai memiliki khasiat untuk meringankan rasa nyeri ini. Caranya adalah dengan meminum teh serai setiap pagi ketika datang bulan, ini akan membantu menghilangkan rasa nyeri haid dan membuat anda lebih nyaman secara alami

6. Antioksidan pencegah kanker
Tanaman sereh/serai juga ternyata mengandung zat-zat anti oksidan yang mampu mencegah timbulnya penyakit kanker. Kandungan zat anti-oksidan yang terdapat pada tanaman sereh/serai ini sudah terpercaya dapat mematikan sel kanker aktif tanpa merusak sel sehat.

Baca juga: 6 Cara, Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak sebagai Obat Herbal Tradisional

Nah, diatas sudah kita jelaskan secara detail tentang manfaat dan khasiat tanaman sereh/serai untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan tubuh manusia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: