6 Manfaat Lemak

asam lemak, inflamasi, jantung, kanker, kanker payudara, lemak, mufa, omega 6, omega 3, otak, stroke

Lemak dapat bermanfaat untuk kesehatan, namun bisa juga sebaliknya tergantung dari jenis lemaknya. 2 jenis lemak yang sebaiknya dihindari adalah lemak jenuh dan lemak trans. Berikut 6 manfaat lemak seperti yang dilansir di Livestrong:

1. Menyehatkan otak
2/3 otak kita tersusun dari lemak. Otak kita menggunakan lemak untuk menyusun membran sel dan selubung pelindung mielin yang menyekat neuron. Untuk menjaga otak tetap sehat, kita harus memperoleh asam lemak tertentu dari makanan kita. Asam lemak tersebut adalah omega-3 dan omega-6. Omega-3 dapat diperoleh dari walnut, bayam, salmon, ikan sardin. Sedangkan omega-6 dapat diperoleh dari minyak jagung dan minyak bunga matahari. Menurut The Franklin Institute, ada beberapa bukti yang menjelaskan bahwa dengan mengkonsumsi lemak yang tepat dapat mencegah penurunan kemampuan kognitif dan depresi.

2. Menjaga ukuran pinggang
Bila ukuran pinggang anda semakin besar, maka perhatikanlah. Lemak di perut dikaitkan dengan risiko peningkatan tekanan darah, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan beberapa kanker. Mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya MUFA (Monounsaturated Fatty Acid) dapat mencegah akumulasi lemak berbahaya di bagian perut. MUFA dapat diperoleh dari alpukat, kacang almond, kacang tanah, selai kacang, hazelnut, kemiri, minyak kacang dan wijen.

3. Menyehatkan jantung
Lemak jenuh dan lemak trans berbahaya untuk jantung kita, tetapi MUFA dan lemak omega-3 mencegah serangan jantung dan stroke.

4. Mengurangi inflamasi
Meskipun inflamasi adalah proses yang penting untuk tubuh dalam menyembuhkan luka dan melawan infeksi, terlalu banyak inflamasi tidak baik untuk kesehatan kita. Inflamasi ringan kronik dapat memicu serangan jantung, stroke, penyakit arteri perifer, dan demensia vaskular. Salah satu penyebab infeksi adalah makanan yang kaya akan lemak jenuh dan lemak trans. Kita dapat mengurangi inflamasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung MUFA dan omega-3 yang bersifat sebagai antiinflamasi. Lemak omega-3 dari ikan adalah lemak terbaik untuk melawan inflamasi di arteri.

5. Perlindungan terhadap kanker payudara
Lindungilah diri anda dari kanker payudara dengan minyak zaitun. Minyak zaitun kaya akan fitokimia yang mampu melawan sel-sel kanker dengan menekan ekspresi yang berlebih dari HER2, gen kanker yang terdapat pada sel-sel kanker payudara manusia. Mengkonsumsi buah zaitun juga memberikan manfaat yang sama.

6. Menjaga kulit tetap indah dan sehat
Dengan menambahkan lemak omega-3 dalam asupan kita, dapat membuat kulit kita indah dan sehat. Lemak omega-3 dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan mempertahankan kolagen.

Baca juga: 7 Obat Alami Sariawan

Demikianlah 6 manfaat lemak bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat bagi anda, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: