7 Khasiat dan Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan

jambu biji merah, manfaat jambu biji merah, khasiat jambu biji merah, jambu biji merah untuk demam berdarah, manfaat jambu biji, manfaat buah jambu biji merah, manfaat jambu biji merah bagi kesehatan, demam berdarah, penyakit kanker, jantung koroner, infeksi

Buah Jambu biji merah (Psidium guajava) atau yang sering disebut guava adalah buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Selain nama jambu biji merah atau guava, di beberapa daerah di Indonesia jambu biji ini dikenal dengan nama jambu siki atau jambu klutuk. Rasa buah ini terasa manis namun kadang kombinasi manis dan agak asam.

Buah jambu biji merah memiliki kandungan vitamin C yang tergolong sangat tinggi. Bahkan kandungan vitamin C dalam buah ini lebih tinggi dari buah jeruk, dan jauh lebih tinggi daripada kandungan vitamin C dalam buah kiwi. Selain serat, terutama pektin yang merupakan serat larut, jambu biji merah juga ternyata mengandung mineral seperti mangan, kalium dan magnesium, serta asam amino esensial seperti tryptophan. Juga fitokimia yang berkhasiat seperti asam elagat, asam linoleat, dan asam korbigen.

Lalu apa saja 7 khasiat dan manfaat dari buah jambu biji merah ini untuk kesehatan manusia? Di HerbalTanamanObat.com akan diterangkan satu persatu di bawah ini :

1. Membantu mengatasi demam berdarah
Buah jambu biji merah sudah terbukti melalui penelitian bahwa mampu menaikkan kadar trombosit sehingga direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita penyakit demam berdarah. Selain buahnya, daun jambu biji merah juga berkhasiat membantu menaikkan kadar trombosit yang turun pada penderita demam berdarah.

2. Mencegah penyakit kanker
Buah jambu biji merah mengandung senyawa antioksi, polifenolik dan juga flavonoid yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Dengan mengkonsumsi jambu biji merah secara rutin, akan membantu tubuh anda terhindar dari resiko munculnya penyakit kanker.

3. Mengatasi penyakit jantung koroner
Jambu biji merah juga mengandung zat kalium yang berkhasiat membantu jantung berdetak lebih teratur. Selain itu, didalam buah jambi biji merah juga terdapat kandungan asam linoleat, asam korbigen, asam elagat, dan juga serat yang mampu mengikat lemak sehingga menghindari terbentuknya plak, penyebab jantung koroner.

4. Melancarkan sistem pencernaan
Buah jambu biji merah juga dikenal sangat kaya akan kandungan serat. Di dalam 100 gram buah jambu biji merah terkandung 5,4 gram sumber serat larut pectin yang terbukti ampuh membantu memperlancar system pencernaan. Selain itu, serat ini juga berkhasiat dalam melindungi membran mukosa usus yang akan mengurangi efek buruk dari zat racun dalam tubuh dan mengikat berbagai bahan kimia penyebab kanker pada usus besar.

5. Menjaga fungsi otak dan syaraf
Jambu biji merah juga berkhasiat menjaga fungsi otak dan syaraf manusia. Hal ini karena ternyata jambu biji merah memiliki kandungan vitamin B6 dan B3 yang bermanfaat untuk merangsang otak. Kandungan vitamin B6 dalam buah ini yang juga di sebut dengan nama zat pyridoxine juga berkhasiat meningkatkan aliran darah serta memberi nutrisi yang penting bagi otak dan juga fungsi syaraf. Sehingga membuat kinerja otak dan syaraf manusia membaik.

6. Menangkal zat radikal bebas dalam tubuh
Seperti yang sudah disebutkan di atas, kandungan vitamin C pada buah jambu biji ini sangat tinggi sekali. Kandungan vitamin C yang tinggi ini berkhasiat sebagai penangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia. Kandungan vitamin C dalam buah ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan atau daya tahan tubuh.

7. Menyembuhkan infeksi
Kandungan vitamin C yang tinggi didalam buah jambu biji merah ini juga membuat buah ini dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Bila dikonsumsi saat menderita radang tenggorok atau flu, akan mempercepat penyembuhan akibat infeksi.

Baca juga: 6 Buah yang Dianjurkan untuk Mencegah Penyakit Hipertensi
 
Nah, diatas sudah diterangkan serangkaian khasiat jambu biji merah untuk kesehatan manusia. Jambu biji merah memang sangat baik dikonsumsi untuk tetap menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit. Selamat mencoba dan salam dari HerbalTanamanObat.com.

Subscribe to receive free email updates: