7 Manfaat dan Khasiat Buah Tomat sebagai Bahan Obat Herbal Alami

buah tomat, tomat, tomat obat berbagai penyakit, manfaat buah tomat untuk wajah, manfaat tomat untuk kesehatan, manfaat dan khasiat tomat untuk kesehatan, manfaat dan khasiat buah tomat sebagai obat herbal alami, manfaat tomat bagi kesehatan tubuh, manfaat tomat

Buah tomat merupakan jenis buah sayuran yang mudah ditemui di kehidupan sehari-hari kita. Buah ini digunakan sebagai bumbu dalam masakan di rumah kita sehari hari. Buah tomat yang biasa kita gunakan dalam bumbu masakan ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita.

Namun banyak orang sering sekali mengabaikan tomat ini, padahal buah tomat ini mengandung banyak sekali vitamin yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, buah tomat juga sering dibuat sebagai minuman jus tomat.

Lalu apa saja sih manfaat dari buah tomat berwarna merah menggoda ini? Manfaat dan khasiat buah tomat sebagai bahan obat herbal alami adalah sebagai berikut :

1. Menjaga kesehatan mata
Buah tomat yang telah cukup matang yang biasanya berwarna merah cerah memiliki kandungan vitamin A sebanyak 1500 SI. Kandungan vitamin A yang cukup banyak inilah yang menyebabkan tomat sangat dianjurkan dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata anda.

Mata membutuhkan vitamin A yang cukup untuk membentuk dan menjaga keseimbangan sistem penglihatan yang baik. Vitamin A inilah yang membantu retina mengkonversi sinyal molekul dari sinar untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak. Mata anda menjadi tidak sehat apabila kekurangan vitamin A, misalnya gangguan penglihatan dan lain sebagainya.

2. Mencegah penggumpalan darah
Penggumpalan darah adalah salah satu penyebab penyakit seperti penyakit stroke dan jantung. Penggumpalan darah ini akan menyumbat peredaran darah sehingga darah tidak bisa mengalir dengan normal didalam tubuh kita.

Peredaran darah dalam organ tubuh yang tidak normal ini akan membuat banyak organ-organ tubuh kita kehilangan suplai darah. Hal ini bisa memicu terjadinya penyakit stroke yang banyak di derita manusia saat ini. Selain itu, organ tubuh manusia yang paling rentan terhadap penggumpalan darah ini adalah jantung.

3. Buah tomat sebagai obat herbal untuk mencegah penyakit stroke dan jantung
Nah berita baiknya adalah buah tomat dapat mencegah penggumpalan darah dalam tubuh. Pada buah tomat terdapat biji dan biji tersebut diselimuti oleh gel berwarna kekuning-kuningan. Zat berupa gel berwarna kekuningan itulah zat yang mampu mencegah penggumpalan darah dalam tubuh anda.

4. Buah tomat sebagai antioksidan alami
Selain manfaat yang sudah di sebutkan diatas, buah tomat juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh yang baik. Hal ini akan menjaga tubuh manusia dari serangan berbagai macam penyakit/virus yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Buah tomat ini bisa menjadi bahan anti oksidan alami karena didalamnya terdapat senyawa yang disebut dengan lycopene. Senyawa Lycopene adalah sejenis antioksidan yang berguna untuk menghancurkan zat-zat radikal bebas dalam tubuh yang ditimbulkan oleh polusi udara, asap rokok, dan zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh kita.

Tidak hanya itu, ternyata lycopene juga berperan aktif dalam mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker lambung, usus besar, kanker prostat, tenggorokan, dan kanker rahim.

5. Buah tomat sebagai obat herbal untuk mencegah kanker
Hal inilah yang membuat buah tomat sudah dipercaya sebagai bahan obat herbal alami dari generasi ke generasi. Untuk itu, mari jaga kesehatan kita dengan mengkonsumsi buah tomat secukupnya.

6. Buah tomat sebagai anti inflamasi
Buah tomat juga dipercaya sebagai obat herbal alami untuk mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan. Inflamasi (radang) merupakan salah satu dari respon utama sistem kekebalan terhadap infeksi dan iritasi.

Inflamasi dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit koronis seperti kanker, diabetes, infeksi luka dan jerawat. Untuk itu, jika anda memiliki masalah dengan jerawat di wajah atau luka, disarankan anda mengkonsumsi buah tomat secukupnya untuk meredakan jerawat di wajah dan luka tersebut.

7. Mencegah wasir dan sembelit
Selain semua hal yang sudah di sebut diatas, ternyata buah tomat juga mengandung serat alami yang sangat banyak. Kandungan serat yang kaya dalam buah tomat ini akan membantu mengatasi gangguan pencernaan dalam tubuh manusia.

Hal inilah yang menyebabkan mengkonsumsi buah tomat yang cukup akan menjaga tubuh manusia agar terhindar dari penyakit sembelit dan wasir. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tubuh kita bisa mengalami wasir dan sembelit jika sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik.

Baca juga: Manfaat dan Khasiat Jus Lidah Buaya serta Efek Samping yang Ditimbulkan
 
Nah sudah banyak kita jabarkan manfaat buah tomat sebagai obat herbal alami untuk mencegah berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Maka dari itu, mulai sekarang konsumsilah buah tomat secukupnya untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: