7 Obat Alami Sariawan

air kelapa, baking soda, daun sirih, jambu biji, madu, obat alami, 2 obat herbal, obat tradisional, sariawan, stomatitis, temu kunci, obat sariawan alami, obat alami sariawan

Sariawan atau secara medis disebut dengan stomatitis adalah peradangan ataupun luka yang terjadi di mukosa mulut. Sariawan nampak seperti bercak putih di mukosa mulut. Sariawan ini dapat disebabkan karena stres, luka di mulut, makanan atau minuman panas, kekurangan zat besi dan vitamin C, kurangnya kebersihan mulut, faktor psikologis, dan kondisi tubuh yang tidak prima.

Sariawan dapat dibiarkan begitu saja dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, sariawan sangatlah mengganggu aktivitas, sehingga umumnya masyarakat segera mencari obat. Berbagai obat tersedia di apotek mulai dari harga murah hingga mahal.

Akan tetapi, ada baiknya kita coba mengatasi sariawan dengan obat alami. Berikut obat alami sariawan yang mungkin bisa membantu.

1. Air garam
Gunakan garam secukupnya dan larutkan dalam air hangat. Ramuan ini digunakan untuk berkumur 3x sehari.

2. Baking soda
Campur baking soda dengan air dan gunakan untuk berkumur.

3. Daun jambu biji
Siapkan 1 Liter air untuk merebus bahan. Masukkan 1 genggam daun jambu biji segar dan 1 jari kulit batangnya. Saringlah hasil rebusan dan minumlah 2x sehari.

4. Daun sirih
Ambillah 1-2 lembar daun sirih dan cuci. Kunyahlah daun sirih tersebut hingga lumat. Biarkanlah daun sirih itu sebentar dalam mulut, terutama di bagian yang terkena sariawan.

5. Rimpang temu kunci
Irislah rimpang temu kunci. Lalu, kunyah irisan temu kunci tersebut.

6. Air kelapa
Cukup minum air kelapa secara teratur hingga sembuh.

7. Madu
Oleskan madu secara teratur pada bagian yang terluka hingga sembuh.

Baca juga: 8 Manfaat Jinten Hitam bagi Kesehatan dan Pengobatan

Pernah mengalami sariawan? Uh sakit sekali. Kecil tapi sakit banget. Terutama saat makan. Males makan deh jadinya. Bagaimana dengan sariawan versi anda? Silahkan berbagi pengalaman di kolom komentar..

Itulah obat alami sariawan yang mungkin dapat membantu. Bila lebih dari 2 minggu tidak membaik, harap segera menghubungi dokter. Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: