Keamanan Ginkgo Biloba

ginkgo biloba, ginggo biloba, ginko biloba, keamanan ginkgo biloba, obat alami

Bila kemarin sudah membahas tentang keefektifan dan manfaat ginkgo biloba, sekarang akan dibahas tentang keamanan ginkgo biloba.

Bagaimana cara kerja ginkgo biloba?
Ginkgo biloba mampu memperbaiki sirkulasi aliran darah, sehingga membantu otak, mata, telinga, dan kaki berfungsi lebih baik. Ginkgo biloba juga mampu memperlambat perkembangan Alzheimer. Biji ginkgo mengandung senyawa yang dapat membunuh bakteri dan jamur yang menyebabkan infeksi. Namun, biji tersebut juga mengandung racun atau toksin yang menyebabkan efek samping berupa kejang dan hilangnya kesadaran.

Bagaimana dengan keamanan ginkgo biloba?
Ekstrak daun ginkgo biloba kemungkinan besar aman saat dikonsumsi sebagian besar orang. Namun, juga dapat menimbulkan efek samping kecil berupa rasa tidak nyaman di perut, sakit kepala, konstipasi atau sembelit, denyut jantung yang kuat, dan reaksi alergi kulit.

Buah ginkgo biloba dapat menyebabkan reaksi alergi kulit dan iritasi pada membran mukosa.

Biji ginkgo biloba sangrai kemungkinan tidak aman bila dikonsumsi. Mengkonsumsi lebih dari 10 biji ginkgo sangrai dapat menyebabkan kesulitan bernafas, nadi melemah, kejang, kehilangan kesadaran, dan syok. Bahkan biji ginkgo segar lebih berbahaya. Biji segar itu beracun, dan bila dimakan menyebabkan kejang dan kematian.

Perhatian dan peringatan khusus
  • Ibu hamil dan menyusui:
Ginkgo biloba kemungkinan tidak aman bila dikonsumsi selama hamil. Ginkgo biloba dapat menyebabkan kelahiran dini atau perdarahan hebat saat melahirkan bila dikonsumsi mendekati masa melahirkan. Namun, belum ada bukti yang cukup mengenai keamanan penggunaan ginkgo selama menyusui. Sehingga disarnkan untuk tidak mengkonsumsi ginkgo biloba selama hamil dan menyusui.
  • Anak-anak:
Ekstrak daun ginkgo biloba kemungkinan aman. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kombinasi spesifik daun ginkgo biloba dengan ginseng Amerika aman untuk anak bila digunakan dalam jangka pendek. Jangan biarkan anak anda mengkonsumsi biji ginkgo karena tidak aman.
  • Diabetes:
Ginkgo dapat mengganggu pengobatan diabetes. Jika anda mengalami diabetes, pantau ketat gula darah anda.
  • Kejang:
Ada keresahan ginkgo biloba dapat menyebabkan kejang. Jika anda pernah kejang, jangan mengkonsumsi ginkgo biloba.
  • Infertelitas (ketidaksuburan):
Ginkgo dapat menganggu rencana kehamilan. Diskusikan dengan dokter anda bila anda merencanakan hamil.

Gangguan perdarahan (koagulopati/gangguan pembekuan darah):
Ginkgo biloba dapat menyebabkan koagulopati semakin memburuk. Jika anda mengalami koagulopati, jangan mengkonsumsi ginko biloba.
  • Pembedahan:
Ginkgo biloba dapat memperlambat pembekuan darah. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan hebat selama dan setelah pembedahan. Hentikan penggunaan ginkgo biloba paling tidak 2 minggu sebelum pembedahan.

Baca juga: Keefektifan dan Manfaat Ginkgo Biloba

Demikianlah informasi tentang keamanan dari tanaman herbal ginkgo biloba untuk kesehatan. Semoga dapat menambah wawasan anda tentang manfaat-manfaat tanaman yang ada di sekitar kita. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: