Kenapa Minum Obat Maag Tablet Sebaiknya Dikunyah

obat maag tablet, maag, obat maag, obat tablet

Minum obat maag, pasti pernah kan? Pernah membaca cara minumnya? Mungkin ya mungkin tidak. Hahaha, percaya...

Mari kita lihat kenapa itu penting.
Tidak semua tablet diminum dengan cara langsung ditelan, biasanya dibantu air atau makanan. Salah satu contohnya obat maag ini. Obat maag yang dimaksud adalah dalam bentuk tablet. Lalu kenapa?

Kita lihat dulu mekanisme kerjanya.
Obat maag bekerja dengan cara menormalkan pH lambung. Saat serangan maag itu terjadi, lambung mengeluarkan cairan lambung yang biasanya membantu dalam proses pencernaan, sehingga menyebabkan pH lambung menjadi lebih asam. Di bagian inilah obat maag bekerja, menormalkan pH lambung menjadi lebih basa daripada sebelumya.

Mengunyah obat menyebabkan obat dapat menormalkan pH lambung lebih cepat. Sebab dengan mengunyah obat, membuat obat menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Sehingga saat mencapai lambung obat sudah siap bekerja.

Supaya obat dapat menimbulkan efek, obat memang harus diubah dulu menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, tidak seperti yang muncul dalam iklan yang mengilustrasikan dengan tablet yang masih utuh dan bundar.

Tapi bukan berarti apapun obatnya harus dikunyah dulu untuk menjadikannya bagian-bagian yang lebih kecil, karena enzim dan kawan-kawan di saluran pencernaan membantu dalam hal ini.

Baca juga: Khasiat Gamat sebagai Antioksidan dan Antikanker

Tetap lihat petunjuk minumnya dulu.
Bagaimana kalau langsung ditelan saja obat maagnya ? Obat tersebut masih tetap bisa bekerja, menimbulkan efek tapi lebih lama munculnya. Jadi, sebaiknya untuk meminum obat maag itu ya.. dikunyah dulu, ditelan, baru kemudian minum segelas air. Oke ?

Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: