Khasiat Gamat sebagai Antioksidan dan Antikanker

gamat, obat alami, sea cucumber, teripang, timun laut, antioksidan, antikanker, Holothuria scabra, Holothuria leucospilota, Stichopus chloronotus

Gamat atau lebih dikenal dengan timun laut atau teripang adalah hewan laut yang termasuk dalam filum echinodermata dan kelas holothuroidea. Dalam dunia Internasional teripang disebut dengan sea cucumber. Timun laut ini tersebar di laut seluruh dunia.

Timun laut sering dikonsumsi atau diproduksi untuk obat. Karena penasaran dengan banyaknya promosi gamat atau timun laut sebagai obat, saya mencoba mencari kebenaran khasiat gamat sebagai antioksidan dan antikanker,  jangan-jangan hanya omong kosong saja.


Setelah dicari kesana-kemari, akhirnya ketemu salah satu penelitian yang menggunakan gamat untuk diuji. Penelitian ini berjudul In Vitro Antioxidant and Antiproliferative Activities of Three Malaysian Sea Cucumber Species yang diterbitkan di European Journal of Scientific Research.


Gamat yang diujikan sebanyak tiga jenis spesies, yaitu Holothuria scabra, Holothuria leucospilota, dan Stichopus chloronotus. Gamat ini diuji aktivitas antioksidan dan antiproliferasinya.

Sebelum diujikan, gamat diekstraksi dengan air dan pelarut organik, sehingga menjadi ekstrak-air gamat dan ekstrak-pelarut organik gamat. Dari hasil uji, H. leucospilota yang diekstraksi dengan air mengandung fenol yang paling tinggi.

Sedangkan kandungan fenol paling rendah terdapat pada H. scabra yang diekstraksi dengan pelarut organik. Ekstrak air gamat, H. scabra, H. leucospilota and S.chloronotus, menunjukkan tingginya aktivitas antioksidan (77.46%, 64.03%, dan 80.58%) melawan radikal bebas asam linoleat.

Hanya ekstrak S. chloronotus yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker C33A (kanker serviks) dan sel kanker A549 (kanker paru: non-small lung carcinoma). Sebaliknya, ekstrak pelarut organik gamat menunjukkan aktivitas antiproliferasi atau anti pertumbuhan sel kanker yang tergantung dosis.

Baca juga: Interaksi Obat dengan Ginkgo Biloba

Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tiga spesies gamat, yaitu Holothuria scabra, Holothuria leucospilota, dan Stichopus chloronotus merupakan sumber potensial antioksidan alami dan agen antikanker.

Semoga bermanfaat, salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: