Manfaat dan Khasiat Jus Lidah Buaya serta Efek Samping yang Ditimbulkan

jus lidah buaya, lidah buaya, lidah buaya untuk rambut, lidah buaya untuk wajah, manfaat dan khasiat jus lidah buaya dan efek samping yang ditimbulkan, manfaat lidah buaya untuk kesehatan, khasiat lidah buaya untuk rambut, manfaat jus lidah buaya

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman unik yang di sebut dengan lidah buaya ini? Tanaman lidah buaya (Aloe vera) sudah sejak lama diketahui memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Bagian daun dari tanaman ini digunakan sebagai salah satu bahan ramuan obat tradisional baik untuk mengobati berbagai jenis penyakit, ataupun untuk perawatan kesehatan dan kecantikan tubuh seperti untuk kulit dan rambut.

Daun lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan rambut. Pemakaiannya biasanya daun lidah buaya yang berbentuk unik ini dijadikan seperti masker. Selain itu banyak cara pengolahan yang bisa dilakukan terhadap tanaman lidah buaya, antara lain dengan menjadikannya minuman sehat yaitu jus lidah buaya. Lalu apa sih manfaat jus lidah buaya ini? Dan apakah ada efek sampingnya bagi tubuh manusia? kita akan membahasnya di sini

Manfaat dan khasiat jus lidah buaya.

Jus lidah buaya merupakan salah satu jenis minuman yang sering direkomendasikan oleh banyak ahli kesehatan untuk dikonsumsi karena dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh manusia. Jus lidah buaya dibuat dari bagian daun lidah buaya yang sudah cukup tua. Pada tahap awalnya bagian daun yang cukup tua ini di bersihkan dan bagian sisi kulit berduri daun lidah buaya ini dibuang. Selanjutnya ini akan di blender agar menjadi hancur dan menjadi minuman jus daun lidah buaya.

Daun lidah buaya segar sangat bermanfaat sebagai obat herbal tradisional
Daun lidah buaya sebagai obat herbal

Minuman jus lidah buaya sudah lama dikenal sebagai obat herbal mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiat bagi tubuh. Manfaat minuman jus lidah buaya ini antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Berfungsi sebagai bahan penangkal racun dalam tubuh manusia.
  2. Membantu meningkatkan penyerapan protein, memperlancar pencernaan pencernaan, dan melancarkan buang air besar.
  3. Kandungan zat antioksidan dalam minuman jus kulit lidah buaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap sejumlah radikal bebas penyebab penyakit yang masuk kedalam tubuh.
  4. Melindungi tubuh dai peradangan dan membantu mobilitas otot dan sendi
  5. Membantu meremajakan sel-sel kulit wajah, memperlambat proses penuaan, dan juga menyembuhkan berbagai iritasi ringan yang terjadi pada kulit.
  6. Membantu membersihkan sistem pencernaan dari zat-zat makanan yang bersifat negatif terhadap kesehatan tubuh, sehingga dapat menjaga kondisi tubuh tetap bugar dan sehat.
  7. Dapat mencukupi kebutuhan vitamin A, B1, B2, B6, B12 C dan E untuk tubuh.
  8. Jus lidah buaya kaya akan mineral yang dibutuhkan tubuh manusia antara lain kalsium, besi, sodium, mangan, potassium, magnesium, copper, chroom, dan zinc.
  9. Jus lidah buaya mengandung 19 macam asam amino esensial dan non esensial sehingga membantu memenuhi sebagian kebutuhan tubuh akan unsur ini.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung anti bakteri dan anti mikroba alami dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi, serta melindunginya dari radang yang bisa saja menyerang gusi.

Efek samping jus lidah buaya

Tadi kita sudah membahas manfaat jus lidah buaya kepada tubuh manusia. Namun kita juga harus menyadari bahwa ternyata jus lidah buaya juga bisa menimbulkan efek negatif bagi tubuh manusia. Adapun efek negatif yang bisa di timbulkan oleh lidah buaya adalah sebagai berikut :

1. Jus lidah buaya bisa menimbulkan reaksi alergi
Bagi pembaca yang memiliki alergi terhadap bunga tulip, bawang merah, bawang putih, atau tanaman sejenis yang masuk kedalam family lily, sebaiknya menghindari lidah buaya. Alergi yang timbul bila pembaca tetap mengkonsumsinya antara lain bisa menyebabkan rasa gatal-gatal pada kulit dan iritasi kulit.

2. Memicu diare dan kram
Dalam jus lidah buaya terkandung zat aloe latex, yang dikenal sebagai obat pencahar sehingga bisa membuat perut mules. Namun harus dipahami bahwa lidah buaya tidak direkomendasikan sebagai obat pencahar yang baik untuk digunakan. Hal ini dikarenakan lidah buaya bersifat adiktif dan bisa menyebabkan efek negatif permanen bagi kesehatan kolon dan menyebabkan sembelit yang anda derita semakin parah.

3. Meningkatkan resiko penyakit kanker kolorektal
Bila penggunaannya dilakukan secara oral dan dalam jangka waktu lebih dari satu tahun, dapat beresiko memicu terjadinya kanker kolorektal. Menggunakan jus lidah buaya sebagai obat pencahar secara kontinue dalam waktu lama juga bisa menjadi penyebab meningkatnya resiko kanker kolorektal.

Baca juga: Shisha dan Kesehatan

Namun apapun efek negatifnya, lidah buaya ini juga memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Namun apa yang dituliskan dalam blog ini tentunya masih memiliki banyak kekurangan. Untuk itu silahkan pembaca membaca literatur lainnya untuk melengkapi informasi ini untuk memperkaya wawasan kita. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: