5 Faktor Penyebab Asam Urat

 asam urat, jenis kelamin, aspirin, obat obatan, alkohol, penyebab asam urat, penyebab penyakit asam urat, asam urat, penyebab asam urat dan cara mengobatinya, penyakit asam urat, faktor penyebab asam urat, asam urat disebabkan oleh

Kadang kala ketika asyik beraktivitas, tiba-tiba saja timbul rasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat. Bagi yang belum tahu dan bertanya-tanya "apa itu asam urat?", kami akan menjelaskan penyakit yang satu ini secara singkat.

Gout atau asam urat sebetulnya adalah salah satu jenis radang sendi yang diakibatkan oleh menumpuknya kristal urat sehingga membuat munculnya peradangan. Disamping disebabkan oleh pengaruh makanan, asam urat juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Berikut ini merupakan beberapa faktor penyebab asam urat yang umum:

1.    Asam urat bisa disebabkan obat-obatan
Beberapa tipe obat-obatan juga bisa membuat kemungkinan terserang asam urat menjadi meningkat. Contohnya, aspirin, obat untuk keperluan transplantasi, atau obat diuretik. Memang pengkonsumsian beberapa tipe obat tersebut sangat penting dan tidak dapat dihentikan.

Untuk cara mengatasinya, pasien bisa mengasup obat tambahan yang dapat menekan kadar asam urat. Tapi sebelumnya, pasien harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

2.    Kondisi kesehatan juga bisa menjadi penyebab asam urat
Seseorang yang menderita penyakit lain bisa saja terserang asam urat, contohnya orang yang menderita diabetes dan obesitas atau kegemukan. Orang yang terkena obesitas memiliki kemungkinan empat kali lebih besar untuk terserang penyakit asam urat jika dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal.


Diabetes dan resistensi insulin pun bisa membuat asam urat terbentuk karena situasi tersebut mengganggu fungsi ginjal. Selain itu pasien tumor ganas juga bisa memiliki kadar asam urat yang tinggi.

3.    Asam urat dapat disebabkan oleh alkohol
Nyeri asam urat juga bisa tiba-tiba datang menyerang jika anda terbiasa meminum minuman beralkohol. Meskipun anggur tidak menyebabkan asam urat, tapi beda halnya dengan bir. Oleh sebab itu, apabila anda telah didiagnosa mempunyai kadar asam urat yang cukup tinggi, mulai sekarang hentikanlah kebiasaan minum minuman beralkohol.

4.    Jenis kelamin juga berpengaruh terhadap penyakit asam urat
Umumnya, orang yang menderita asam urat berasal dari kalangan laki-laki. Saat asam urat tiba-tiba menyerang di usia muda, penyakit yang satu ini dapat terus berlanjut sampai seumur hidup.

Memang kaum lelaki cenderung mempunyai asam urat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan wanita, sebab wanita memiliki hormon estrogen yang dapat melindunginya dari penyakit asam urat semenjak anak-anak. Tapi, setelah memasuki masa menopause, resiko atau kemungkinan untuk mengalami asam urat menjadi sama besarnya dengan lelaki.

5.    Faktor usia juga berpengaruh terhadap kemungkinan terkena asam urat
Asam urat lebih sering dijumpai pada orang yang telah berusia lebih dari 45 tahun, walaupun juga banyak kasus asam urat yang ditemukan pada orang yang masih berusia 30 tahunan. Theodore Fields, MD, seorang profesor yang juga ahli sendi, berkata bahwa makin tua seseorang, maka makin besar juga resiko untuk terkena asam urat. Sebab usia yang makin bertambah juga menandakan fungsi ginjal yang semakin berkurang. Hal tersebut dapat menyebabkan kadar asam urat yang makin bertambah.

Baca juga: Cara Simple untuk Perawatan Kulit Wajah Berjerawat secara Tepat

Itulah beberapa faktor penyebab penyakit asam urat pada umumnya. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi pembaca dan menghindarkan anda dari penyakit asam urat. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: