Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes Melitus

beras merah, oatmeal, gandum, diabetes, diabetes melitus, penderita diabetes, makanan untuk penderita diabetes, makanan terbaik untuk penderita diabetes, makanan sehat untuk penderita diabetes, makanan bagi penderita diabetes, daftar makanan yang aman untuk penderita diabetes, menu makanan untuk penderita diabetes, makanan penderita diabetes, makanan berserat tinggi, kadar gula, insulin

Makanan Berkarbohidrat untuk Penderita Diabetes
Sebagaimana diketahui, penyakit diabetes muncul akibat gangguan metabolik yang diakibatkan masalah produksi insulin maupun masalah fungsi insulin. Faktor ini membuat kadar gula di dalam darah meningkat drastis. Ketika masalah ini muncul, penanganan dengan obat-obatan acap kali menjadi penting, namun hal ini tidaklah cukup. Anda juga mesti mulai memilih makanan yang cocok.

Karena menyangkut kadar gula di dalam darah, penderita diabetes harus benar-benar memperhatikan asupan nutrisi, terutama sumber energi. Makanan berkarbohidrat memang penting sebagai sumber tenaga bagi tubuh, namun pada penderita diabetes, mengonsumsi makanan berkarbohidrat justru dapat meningkatkan kadar gula darah mereka.

Tak perlu panik. Jika anda atau anggota keluarga anda merupakan salah satu penderita diabetes, anda tetap bisa merasa kenyang dengan mengonsumsi beberapa daftar jenis makanan berkarbohidrat yang aman ini:

1. Beras Merah
Beras merah memang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, namun inilah yang bisa anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan energi harian. Rahasia yang membuat beras merah aman adalah kandungan seratnya yang tinggi.

Asupan serat yang tinggi merupakan menu wajib penderita diabetes. Namun hati-hati, meski berserat tinggi, anda tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Tetaplah menggunakan standar porsi yang dianjurkan oleh ahli gizi anda, atau berhentilah saat anda merasa cukup.

2. Oatmeal
Oatmeal tidak hanya kaya akan serat, tetapi juga protein dan karbohidrat. Tingginya kandungan gizi oatmeal akan membantu anda mendapatkan nutrisi yang cukup meski tengah menjalani diet diabetes.

Perlu diketahui bahwa terdapat dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Dari dua jenis ini, karbohidrat sederhanalah yang paling cepat meningkatkan kadar gula di dalam darah. Tenang, oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang aman bagi anda. Ingat porsi juga ya!

3. Gandum
Seperti halnya oatmeal, gandum juga mengandung karbohidrat kompleks sehingga aman dikonsumsi. Selain itu, gandum merupakan biji-bijian yang memiliki kadar serat yang tinggi. Tak salah jika banyak ahli gizi yang menyarankan pasien diabetes mengonsumsi gandum sebagai pengganti nasi.

Baca juga: Tanaman Herbal Labu Siam Obat Batu Ginjal

Ketiga jenis sumber energi di atas bisa anda gunakan untuk menjadi menu utama sehari-hari. Jangan lupa tambahkan makanan anda dengan buah-buahan dan sayur agar nutrisi tetap terpenuhi dan membuat anda tetap sehat.

Demikian pembahasan singkat tentang makanan berkarbohidrat tinggi sebagai makanan terbaik bagi penderita diabetes. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan menghindarkan anda dan keluarga dari bahaya penyakit diabetes. Salam Tanaman Obat Herbal.

Subscribe to receive free email updates: